7 Rekomendasi Takjil untuk Buka Puasa yang Praktis dan Sehat

 

Sebagai umat muslim, setiap tahun kita menjalankan ibadah puasa. dari tahun ke tahun sudah barang tentu kita punya mendu buka puasa favorit  masing-masing. Begitu juga dengan saya, meskipun semenjak 5 tahun terakhir menu buka puasa jadi tergolong random karena sering menghabiskan waktu bulan ramadan di tanah rantau.

Tahun ini, merupakan titik balik bagi saya. Tahun pertama menjalankan ibadah puasa setelah menikah. Bukan menjadi anak kos lagi. sehingga tahun ini rasanya sudah kembali ke masa-masa jadi anak rumahan. Menyiapkan menu buka puasa ala rumahan.

Namun, semakin ke sini, kesadaran untuk menjalani pola hidup sehat telah banyak mempengaruhi hidup saya. Sehingga, dalam pemilihan menu buka puasa ini rasanya sangat penting untuk mempertimbangkan nilai gizinya. Meskipun, nggak yang vegan banget sih.

Kalau untuk makan berat formulanya sederhana saja. Intinya berimbang antara karbohidrat, protein, serat dan vitamin. Nah, selain makanan berat, menu buka puasa juga sangat erat kaitannya dengan aneka takjil. Maka dari itu, tahun ini saya sudah punya beberapa menu takjil andalan untuk berbuka puasa

Menurut saya, menu-menu takjil ini lumayan sehat dan bahan-bahannya tidak sulit di carai. Berikut ini 7 rekomendasi takjil untuk buka puasa yang praktis dan sehat ala saya.

1. Teh Telang Lemon

Sumber: tastemade
Teh telang lemon sudah menjadi minuman favorit bahkan sebelum bulan ramadan tiba. Waktu itu, tidak sengaja menumbuhkan bunga telang di belakang rumah. Berdasarkan saran dari beberapa teman, teh bunga telang segar untuk dijadikan minuman apalagi jika diberi irisan lemon atau jeruk nipis.

Begitu dicoba, memang benar, rasanya segar. Selain itu kombinasi warna antara biru bunga telang dan air jeruk nipis berubah jadi  warna ungu membuat minuman ini telihat lebih segar. Apalagi bunga telang dan lemon juga mengandung zat antioksidan yang bagus untuk tubuh.

2. Es Mojito

Sumber: Briliofood
Es mojito menurpakan minuman buka puasa favorit saya tahun lalu. Cara membuatnya sangat mudah. Hanya dengan sirup, sprite atau fanta dan biji selasih. Rasanya benar-benar segar dan enak. karena saya sendiri kurang suka minuman yang terlalu berat seperti es cendol maupun es dawet. Jadi lebih suka minuman-minuman sirup atau jus buah.

3. Salad Buah

Sumber: Unsplash
Selain minuman, kita juga sering menyiapkan cemilan untuk buka puasa. kalau di rumah, sering banget ibu menyiapkan gorengan. Tapi berhubung tahun ini pengen diet gorengan akhirnya milih salad buah sebagai alternatif cemilan sehat. Nanti, di dalam saladnya juga bisa dikasih nutrijel. Lebih sehat dan lebih praktis, mengingat sekarang minyak goreng lagi mahal.

4. Sop Buah Agar

Sumber: Orami

Siapa sih di sini yang nggak suka sop buah? Hampir semua orang cinta sama minuman satu ini. saya pun begitu, sop buah dengan warna pink dari buah naga pokoknya nggak ada lawan deh. Cuma, kayaknya nggak mungkin kita makan sop buah setiap hari. Karena selain bosan agak ribet juga ya bund kita musti mengiris beraneka ragam buah. Can’t relate lah untuk perempuan bekerja. Tapi, minuman ini wajib nongol meskipun hanya seminggu sekali.

5. Dessert Box Simple

Sumber: dokumentasi pribadi

Nah, menu satu ini hasil eksperimenku kemarin. Awalnya mikir mau buat takjil apa ya yang special. mungkin efek ramadan pertama bareng suami jadi bawaannya pengen ada yang istimewa gitu.

Setelah browsing, nemulah satu menu dessert yang kayaknya bahan yang digunakan simple. Jadilah nyoba dessert box mini ini. bahannya Cuma pakai oreo, keju, susu uht, tepung maizena, dan sedikit gula. Untuk resepnya nanti kalian bisa liat aja di youtube banyak banget.

6. Cireng Nasi

Sumber: Cookpad
Menu satu ini memang sedikit kontras dengan menu-menu yang sebelumnya ya. Walaupun ini gorengan, tapi cireng nasi bisa jadi solusi nasi yang sisa. Daripada mubazir dan jadi sampah, baiknya kita olah kembali dan bisa dikonsumsi. Untuk resepnya banyak sekali di sosial media, sama seperti dessert.

Cireng nasi mungkin bisa jadi sarana untuk melepas rindu dengan gorengan. Karena terkadang kita juga nggak bisa langsung berubah drastis hidup tanpa gorengan sama sekali. Wajar bukan? Lidah kita perlu menyesuaikan diri.

7. Teh Lemon

Sumber: Unsplash
Teh lemon merupakan minuman buka puasa paling andalan sih. Cara buatnya gampang dan pasti bahan-bahannya juga mudah di dapat. Kebetulan lemon lagi murah juga di kota saya jadi ini solusi terakhir kalau bingung buat minuman untuk berbuka. Segarnya dapat, sehatnya juga insyaAllah dapat.

Deminian 7 rekomendadi takjil buka puasa yang praktis dan sehat. Semoga dapat menginspirasi teman-teman yang sering bingung mau buka pakai apa, atau keseringan beli minuman di luar jadi boncos. Mungkin 7 rekomendasi takjil buka puasa yang praktis dan sehat ini bisa dipertimbangkan. Selamat mencoba.

 

1 Response to "7 Rekomendasi Takjil untuk Buka Puasa yang Praktis dan Sehat"

  1. Karena baca postingan ini saya baru ingattt kalo tanaman telang saya kemaren sudah berbungaaa! Wah, akan saya coba menyeduhnya!

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel