Review Drakor Crash Course in Romance

Sumber: Pinterest

Setelah sekian lama, tidak menulis review drakor, kini saya punya semangat lagi untuk membuat reviewnya setelah nonton Drama Korea Crash Course in Romance. Drama ini merupakan rekomendasi dari seorang teman. Setelah menonton drama The Glory yang cukup menegangkan, rasanya saya butuh drama dengan kisah yang ringan dan menghibur.

Tepat sekali dengan Drama Crash Cours in Romance ini, yang mengisahkan seorang instruktur di lembaga bimbingan belajar, Choi Chi Yeol. Ia dijuluki sebagai guru bintang, dengan penghasilan yang besar. Kemampuannya mengajar matematika dalam sebuah lembaga bimbingan belajar sangat memukau. Hingga para ibu-ibu rela mengantre untuk mendaftar kelasnya. 

Dibalik semua kehebatan itu, hidup Choi Chi Yeol hampa, hidupnya hanya dipakai untuk bekerja tanpa kenal waktu. Sampai ia bertemu dengan Nam Haeng Seon, seorang pemilik toko lauk. Nam Haeng Seon merupakan mantan atlet nasional yang terpaksa mengubur mimpinya. Karena ia harus merawat adiknya yang autis dan keponakannya yang ditinggalkan oleh ibu kandungnya.

Hidupnya ia curahkan untuk merawat keponakan dan adiknya sampai ia tidak memiliki waktu untuk mengenal asmara. Kedua tokoh bertemu dengan cara yang unik, lucu dan mengharukan. Mereka saling menyembuhkan luka masing-masing dengan bumbu-bumbu percintaan biasa. Cemburu, salah paham, dan pertengkaran kecil lainnya.

Ada beberapa konflik eksternal yang menghiasi drama ini sehingga membuat penonton penasaran. Menonton Crash Course in Romance dengan kisah yang sederhana ini justru memberikan banyak pelajaran hidup bagi saya. Ketika orang yang paling kita percaya berkhianat. Itu sangat menyakitkan, tapi apa yang dapat kita lakukan selain bersiap dengan itu semua. Walaupun sampai trust issue.

Kenapa Harus Nonton Crash Course in Romance

Melihat Nam Haeng Seon yang mengabdikan hidupnya untuk adik dan keponakannya membuat saya merenung. Bahwa ada orang dengan hati sebaik itu. Jika membayangkan itu di dunia nyata, rasanya seperti tidak mungkin. Ketidakmungkinan itu mengingatkan saya akan kebaikan yang tak pernah merugikan pelakunya.

Crash Course in Romance juga tidak hanya menampilkan kisah percintaan saja. Ia juga mengisahkan potret dunia pendidikan korea. Bagaimana anak-anak sekolah dituntut untuk belajar tanpa kenal waktu. Demi memenuhi ambisi orang tua.

Menonton drama Crash Course in Romance ini juga membuat saya berefleksi. Saya mencoba menyamakan keadaan sekitar di sekolah tempat saya bekerja. Saya menjadi punya banyak referensi tentang bagaimana pola asuh berdampak pada karakter seorang anak.

Sebagai orang tua, seringkali kita lupa, bahwa seorang anak tidak pernah minta dilahirkan. Orang tua lah yang menginginkan seorang anak hadir di tengah-tengah kehidupan mereka. Konsekuensinya, anak tidak pernah bisa memilih mendapat orang tua yang seperti apa. Sampai mereka bingung dengan segala arahan bahkan pemaksaan orang tua terhadap anaknya dengan dalih demi masa depan mereka.

Pertanyaannya, masa depan yang bagaimana? Jika sejak awal masa depan itu disusun atas ambisi, amarah, iri dengki, kebohongan bahkan kekerasan.

Ada satu bagian yang cukup menarik bagi saya, ketika ibu yang sudah meninggalkan anaknya selama belasan tahun datang ketika anaknya sedang dalam keadaan kritis. Ia menyalahkan keadaan, menyalahkan orang lain yang tak bisa menjaga anaknya dengan baik. Bagian itu membuat saya merasa kesal. 

Bagaimana ada orang yang sangat tidak tahu diri seperti itu? Tapi kalau diingat-ingat, orang yang tidak tahu diri itu banyak sekali di dunia nyata. Selalu ada orang-orang yang menyebalkan seperti itu. 

Drama Crash Course in Romance juga membawa isu inklusi. Adik tokoh utama yang memiliki autisme juga layak menjadi perhatian. Bagaimana dunia memandang autisme. Walaupun ini bukan menjadi topik utama drama Crash Course in Romance. Tapi melihat seorang autisme yang akhirnya memiliki hubungan asmara itu heart warming banget.

Selebihnya? Tidak ada yang begitu unik menurut saya, tapi ada banyak bagian yang lucu dan menghibur. Crash Course in Romance adalah drama yang ringan dan menghibur, cocok untuk menyembuhkan ketegangan setelah menonton film atau drama thriller.

Quotes Menarik Drakor Crash Course in Romance

Sumber: Pinterest

"Tahukah kau kegiatan manusia apa yang paling melelahkan? Hubungan antarmanusia. Kita coba saling mengenal, lalu saling bergantung. Setelahnya bertengkar, dan berusaha berbaikan. Itu melelahkan."-- Choi Chi Yeol

Memang benar sekali. Hidup nggak pernah jauh-jauh dari dinamika relasi antar manusia. Kadang terasa sangat melelahkan. Makanya kadang kita butuh sendiri untuk sementara agar energi kembali pulih.

"Apa seorang ibu tidak boleh melakukan kesalahan? Cobalah untuk menebusnya. Mulai sekarang, cobalah memahami perasaan anakmu dan dukung dia. Dukung dia sekuat tenagamu." --- Kim Yeong Joo

Ibu juga hanya seorang manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan. Ada kalanya mereka gagal memahami apa yang dibutuhkan oleh seorang anak. Tidak ada yang salah asal ia tidak berhenti belajar bukan? Saya sangat setuju dengan kalimat ini.

"Jika mengantuk, artinya kalian sedang berjuang melawannya. Sedangkan jika sampai tidur, artinya kalian sudah tak memiliki tekad. Kalian kalah melawan diri kalian sendiri dan tak menghormati bapak sedikitpun."-- Choi Chi Yeol

Sumber: Pinterest

Hidup adalah perjuangan melawan diri sendiri. Terkadang kita terlalu takut dengan apa yang di luar kendali kita. Padahal secara tidak sadar kita kesulitan melawan diri kita sendiri.

"Sudah ku duga, pertemuan semacam reuni tidak ada gunanya. Minum alkohol hanya bisa merusak kesehatan. Membuang waktu dengan pembicaraan tidak berguna." --Choi Chi Yeol

Setuju nggak setuju sih sama perkataan Choi Chi Yeol ini. Reuni bisa jadi hal yang sangat menyenangkan kalau ketemu teman yang benar-benar dekat dengan kita. Tidak ada hal yang ingin kita tutupi di depan mereka. Itu akan terasa sangat seru, apalagi jika nostalgia zaman masih di sekolah pasti lucu dan menggelikan.

Tapi ada kalanya reuni jadi hal yang menyebalkan, jika isinya hanya berlomba memamerkan pencapaian. Atau menyudutkan sebagian karena dianggap tidak menjalani hidup dengan baik.

"Hidup itu sulit, melelahkan, dan bagaikan neraka. Jika berpikir begitu, hidup kalian akan sungguh menjadi neraka." -- Choi Chi Yeol

Hidup adalah apa yang kita sangkakan dalam hidup. Terkadang kita harus istirahat memikirkan ini itu, agar pikiran tidak penuh dengan hal-hal yang menakutkan.

"Tidak ada yang mudah dalam hidup. Setiap orang punya kesulitan tersendiri." --Nam Haeng Seon

"Setidaknya matematika itu jelas. Jawabannya pasti. Namun, hidupku tidak seperti itu. Tidak ada rumus dan hukum seperti matematika. Setiap melakukan kesalahan aku akan berkecil hati."-- Choi Chi Yeol

Sumber: Pinterest

"Begitupun dengan hidup. Kita mengira-ngira jawaban yang benar. Coba ini, coba lagi yang lain. Jangan berpikir terlalu rumit."-- Nam Haeng Seon

Sungguh Drama Crash Course in Romance ini drama yang ringan tapi penuh dengan pelajaran. Menemani hari-hari saya untuk menyembuhkan diri dari segala hal yang terasa mengecewakan. Sekaligus menemari bulan ramadan saya di tahun 2023 ini. Selamat menonton jika kalian berminat.

Judul : Crash Course in Romance atau One Shot Scandal

Pemain : Jeon Do Yeon, Jung Kyung Ho, Roh Yoon Seo, Oh Eui Sik, dkk

Jaringan : TvN

Tahun Rilis : 2023

Jumlah Episode    : 16

Genre : Komedi Romantis

Pereview : Ririn Erviana

0 Response to "Review Drakor Crash Course in Romance"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel