Cara Membuat Halaman yang Berbeda pada Makalah



Cara membuat halaman yang berbeda
Oleh Ririn
Postingan ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan teman-teman yang kesusahan dalam membuat halaman berbeda ketika menyusun makalah. Awalnya penulis juga kebingungan akan hal itu, penulis mencari tahu mulai dari bertanya pada teman sebaya, googling, nonton youtube, hingga bertanya ke mas-mas photocopy-an tapi semua itu rasanya belum terjawab. Cara-cara yang mereka suguhkan menurut penulis cukup komplek sehingga sulit dipahami. Hingga akhirnya penulis mendapat saran dari kakak tingkat disebuah organisasi kampus, sebut saja mbak princess. Beliau mengajarkan cara membuat halaman yang berbeda yang sampai sekarang berhasil penulis ingat dan InsyaAllah akan teringat terus. Baiklah inilah cara membuat halaman yang berbeda pada makalah:
Penulis akan mencotohkan pada makalah :
1.      Letakkan kursor di barisan paling atas halaman yang hendak kita beri page number, di samping judul misalnya (penulis menggunakan halaman romawi terlebih dahulu
2.      q.jpgKlik Alt + B + U (secara berurutan) maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini
















 Keterangan :
a.       position adalah dimana teman-teman akan meletakkan nomor halaman apakah di atas atau di bawah
b.      alignment adalah letak nomor halaman apakah di samping kiri, kanan atau tengah
c.       show number on first page adalah ketika teman-teman ingin menampilkan halaman pertama maka diceklis,sebaliknya ketika teman-teman ingin mnyembunyikan di nomor halaman pertama maka jangan di ceklis.
3.      Selanjutnya klik format, itu kita memilih jenis penomoran apa yang kita pakai, apakah angka atau romawi, penulis akan memilih romawi terlebih dahulu. Kemudian  di start at tulis (i) , lalu OK dan OK lagiMaka akan muncul tampilan seperti berikut ini:

w.jpg













4.      Nah sekarang kita akan membuat penomoran angka di halaman berikutnya yang sebelumnya kita membuat penomoran romawi. Letakkan kursor di samping judul BAB I. kemudian klik page layout, lalu page set up maka akan tampilannya akan seperti ini :









r.jpg















Dengan tampilan seperti di atas, pilihlah This point forward lalu OK.

5.      Selanjutnya lakukan pemberian nomor angka dengan cara yang sama seperti penomoran romawi di atas. Klik Alt + B + U (secara bergantian) lalu ubah format penomoran menggunakan angka dan start dari satu lalu OK.
Nah semoga cara di atas tidak membuat kalian bingung dan bisa membantu. Penulis hanya ingin share dengan teman-teman supaya kita dipermudah dalam mnegerjakan tugas-tugas yang diberikan Dosen. Gomapseumida. Annyeong J

0 Response to "Cara Membuat Halaman yang Berbeda pada Makalah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel