Inovasi Terbaru: Asus Vivobook Go 14 (E1404F) sebagai Laptop Ideal untuk Pelajar dan Mahasiswa

Bicara soal laptop ideal untuk pelajar dan mahasiswa. Saya jadi ingat cerita sewaktu awal kuliah. Mungkin sudah sembilan tahun yang lalu. Saya pengen sekali punya laptop karena banyak tugas kuliah yang harus dikerjakan menggunakan laptop.

Saya yang cuma anak desa itu tentu tidak punya banyak pengetahuan tentang spesifikasi laptop yang cocok untuk mahasiswa. Saya hanya bilang ke orang tua pengen segera punya laptop karena banyak tugas. Orang tua saya yang cuma buruh tani di desa tentu tidak begitu paham dengan seluk beluk perlaptop-an ini.

Singkat cerita, bapak membelikan saya sebuah laptop seharga empat juta lima ratus. Padahal sebetulnya itu bukan laptop melainkan notebook karena ukurannya cenderung lebih kecil. Ada beberapa teman yang tanya berapa harga notebook saya. Saya jawab sesuai dengan harga belinya. Banyak yang bilang kalau saya kenacalo karena notebook itu ternyata pasaraannya hanya tiga juta lima ratus.

Beberapa teman juga membeli dengan merk dan ukuran yang sama, tapi harganya jauh di bawah harga beli bapak saya. Sontak saya langsung mengadu ke orang tua kalau pembelian laptop ini kemahalan. Atau bahasa jawanya keblocok. Tapi ya namanya nasi sudah menjadi bubur. Tidak mungkin mengembalikan notebook ini ke penjual dan merengek untuk minta kembalian.

Ibu juga bilang kalau kejadian ini dapat dijadikan pengalaman supaya nanti kalau mau beli-beli barang elektronik lebih baik survei harga dan benar-benar beli ditempat yang lebih besar supaya harganya normal. Walaupun dibeli dengan harga yang cukup mahal, orang tua berharap notebook saya itu membawa berkah dan banyak manfaat.

Sayapun akhirnya memakai notebook itu dengan sangat hati-hati dan berusaha memaksimalkan fungsinya. Tapi sayang sekali, waktu sudah sekitar semester lima, saya lagi pengen betul  belajar desain grafis dan editing video. Ternyata notebook saya kurang support untuk itu. Karena memang spesifikasinya kurang.

Lagi-lagi saya kembali menyesali beli notebook yang kemahaln. Saya berpikir kalau saja uang itu dibelikan laptop beneran yang lebih bagus spesifikasinya. Supaya saya bisa banyak belajar desain grafis maupun video.

Spesifikasi Laptop Ideal Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Karena sudah pernah menjadi mahasiswa aku jadi paham sebenarnya perangkat laptop seperti apa yang cocok dan menunjang kepentingan pelajar dan mahasiswa ini. Berikut ini merupakan spesifikasi laptop yang ideal untuk pelajar dan mahasiswa versi aku.

1. Ringan dan Mudah Dibawa Kemana-mana

Pelajar dan mahasiswa pasti punya mobilitas yang tinggi. Setiap harinya mereka harus hilir mudik ke kelas, ke perpustakaan, laboratorium atau tempat-tempat lain yang biasanya dipakai untuk belajar. Mereka membutuhkan laptop yang ringan dan mudah dibawa kemana-mana. Karena capek juga kalau punya laptop yang berat. Terus setiap hari pindah-pindah ruangan gitu. Kalau laptopnya berat pasti jadi malas bawa laptop. Ujung-ujungnya jadi nggak produktif.

2. Aplikasi yang Mendukung Dunia Sekolah dan Perkuliahan

Aplikasi yang paling wajib pasti microsoft office. Pastikan saat membeli laptop sudah ada aplikasi bawaan yang original. Karena sebagai pelajar dan mahasiswa pasti tugasnya tidak jauh-jauh dari itu. Bahkan skripsi itu pasti menggunakan microsoft office ini. Kecuali beberapa jurusan kuliah tertentu yang mengharuskan punya aplikasi yang khusus untuk jurusan mereka. Tapi umumnya mahasiswa dan pelajar ini pasti memerlukan microsoft office.

3. Kapasitas Memori yang Cukup

Walaupun kebanyakan tugas sekolah dan kuliah itu sekadar ketik-ketik aja. Tapi nggak menutup kemungkinan adapula tugas berupa video atau design grafis. Apalagi diera sekarang. Dimana visual itu lebih utama dibanding sekadar tulisan saja. Tidak jarang mereka membutuhkan aplikasi editing video maupun design grafis. Dengan kapasitas memori yang cukup maka mereka dapat mengedit video maupun design grafis dengan sangat leluasa.

4. Laptop yang Dapat Mendukung Pengembangan Diri

Di usia-usia sekolah atau kuliah memang waktu yang sangat tepat untuk mengembangkan diri. Saatnya mereka memaksimalkan waktu untuk mengasah berbagai soft skill. Seperti menulis, editing video, design grafis dan podcast. Karena di era digital seperti sekarang. Mereka juga bisa nyambi jadi freelance kalau punya laptop yang mumpuni. Lumayan juga untuk menambah uang saku.

5. Harga Laptop yang Terjangkau

Namanya juga masih pelajar dan mahasiswa. Kebanyakan dari mereka masih dapat subsidi dari orang tua. Kalau mau beli laptop kayaknya belum leluasa untuk harga-harga yang mahal. Meskipun begitu, pelajar dan mahasiswa ini tidak perlu khawatir karena ada Asus Vivobook Go 14 (E1404F) sebagai Laptop Ideal untuk Pelajar dan Mahasiswa dengan spesifikasi yang sudah oke banget dibanderol dengan harga 6jutaan saja.

Asus Vivobook Go 14 (E1404F) sebagai Laptop Ideal untuk Pelajar dan Mahasiswa

Laptop ini bisa jadi rekomendasi laptop yang pas untuk pelajar, mahasiswa, atau kreator muda yang baru memulai karirnya. Konon katanya laptop ini memang didesain untuk para pemula. Meskipun begitu, fitur-fiturnya kalau saya lihat sudah sangat lengkap. Lebih lengkap dari notebook saya waktu awal kuliah itu. Padahal harganya tidak jauh berbeda.

Asus Vivobook Go 14 (E1404F), laptop entry-level yang tipis dan ringan terbaik. Dijual dengan harga mulai dari Rp6.299.000, Vivobook Go 14 (E1404F) memiliki desain bodi yang tidak hanya stylish, compact, dan lightweight, tetapi juga kuat dengan sertifikasi standar ketahanan militer AS (US Military Grade MIL-STD-810H).

Vivobook Go 14 (E1404F) memiliki desain modern dan dilengkapi dengan beragam port untuk kenyamanan pengguna. Selain itu, layarnya yang Full HD dapat dibuka hingga 180°, memungkinkan penggunaan yang nyaman saat berbagi tampilan dengan rekan kerja.

Layar Full HD dengan Beragam Fitur dan Manfaat

Asus Vivobook Go 14 (E1404F) memberikan sejumlah fitur yang membuatnya unggul dibandingkan dengan pesaingnya di kelasnya, salah satunya adalah layarnya yang Full HD. Banyak laptop dengan harga sekitar 6 jutaan dalam segmen yang sama hanya memiliki layar beresolusi HD, yang tentunya tidak sebaik dalam hal ketajaman dan kejernihan gambar. 

Dengan layar Full HD, pengguna dapat menikmati tampilan visual yang lebih detail dan imersif, yang sangat membantu dalam kegiatan produktivitas maupun hiburan. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa pengguna mendapatkan kualitas visual terbaik dalam berbagai situasi.

Tidak hanya itu, layar Vivobook Go 14 (E1404F) juga dilengkapi dengan fitur low-blue light yang telah disertifikasi oleh TÜV Rheinland. Fitur ini dirancang untuk mengurangi radiasi sinar biru yang dapat berdampak negatif pada mata. 

Selain itu, desain layarnya menggunakan NanoEdge Bezel yang memungkinkan bezel layar menjadi sangat tipis. NanoEdge Bezel tidak hanya meningkatkan rasio layar terhadap bodi, tetapi juga memberikan tampilan yang lebih modern dan elegan secara keseluruhan. Dengan kombinasi fitur-fitur ini, Vivobook Go 14 (E1404F) memberikan pengalaman visual yang superior tanpa mengorbankan kesehatan dan kenyamanan pengguna.

Ditenagai Prosesor AMD Ryzen yang Powerful

Vivobook Go 14 (E1404F) merupakan laptop modern dengan harga sekitar 6 jutaan yang didesain untuk memenuhi kebutuhan komputasi sehari-hari yang dinamis. Salah satu keunggulan utamanya adalah penggunaan perangkat keras generasi terbaru yang menjamin kinerja tinggi dan responsivitas cepat. 

Laptop ini menggunakan prosesor AMD Ryzen™ 7000 U-Series terbaru untuk memberikan kecepatan dan efisiensi energi yang sangat baik, menjadikannya pilihan yang ideal untuk profesional muda, pelajar, dan content creator yang membutuhkan perangkat dengan performa tinggi.

Tidak hanya memiliki prosesor yang powerful, Vivobook Go 14 (E1404F) juga dilengkapi dengan memori LPDDR5 hingga kapasitas 16GB. Jenis memori ini menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dan hemat energi, yang akan membantu meningkatkan durasi baterai. Kapasitas memori yang besar ini juga memungkinkan multitasking yang efisien, memastikan pengguna dapat menjalankan banyak aplikasi sekaligus tanpa mengalami penurunan kinerja yang signifikan.

Untuk penyimpanan, Vivobook Go 14 (E1404F) menggunakan NVMe PCIe SSD dengan kapasitas hingga 512GB yang menawarkan kecepatan akses data yang sangat cepat. Penggunaan NVMe PCIe SSD ini membuat waktu boot lebih singkat, akses file lebih cepat, dan pengalaman penggunaan yang lebih responsif. 

Dengan kombinasi prosesor generasi terbaru, memori berkapasitas tinggi, dan penyimpanan yang cepat, Vivobook Go 14 (E1404F) menjadi laptop dengan harga sekitar 6 jutaan yang mampu memenuhi kebutuhan komputasi modern sambil memberikan keandalan dan efisiensi.

Ringan dan Mudah Dibawa Kemana-mana


Salah satu ciri khas yang menonjol dari laptop ini adalah dimensi yang ramping dan bobot yang ringan. Dengan ketebalan bodi hanya 17,9 mm dan berat sekitar 1,3 kg, Vivobook Go 14 (E1404F) dapat dengan mudah dibawa dalam tas dan dibawa ke mana-mana, menjadi pilihan ideal untuk individu yang sering bepergian.

Selain itu, Vivobook Go 14 (E1404F) juga dilengkapi dengan berbagai port yang akan mempermudah koneksi dengan perangkat lain. Port yang tersedia meliputi USB Type-C untuk transfer data cepat, USB Type-A yang kompatibel dengan berbagai perangkat, HDMI untuk kebutuhan presentasi atau hiburan, serta 3.5mm combo audio jack untuk kebutuhan audio. 

Laptop ini juga menawarkan kenyamanan tambahan saat digunakan berkat fitur keyboard ASUS ErgoSense. Keyboard ini didesain untuk meningkatkan pengalaman mengetik, mengurangi kelelahan pada jari, dan meningkatkan produktivitas.

Laptop yang Tangguh

Vivobook Go 14 (E1404F) hadir sebagai laptop military grade yang paling terjangkau di Indonesia. Kehadirannya menegaskan bahwa laptop dengan harga sekitar 6 jutaan juga dapat memiliki kualitas dan ketahanan terbaik, menjadikannya opsi yang tepat bagi pengguna yang menginginkan laptop yang tangguh.

Vivobook Go 14 (E1404F) telah memenuhi standar kualifikasi ketahanan militer AS dan memperoleh sertifikasi MIL-STD-810H. Sertifikasi ini terkenal karena kriteria yang ketat dan prosedur pengujian yang harus dilewati oleh sebuah perangkat. 

Vivobook Go 14 (E1404F) berhasil melewati 26 prosedur pengujian yang ketat, termasuk tekanan, temperatur, kelembaban, dan resistensi terhadap benturan. Hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa Vivobook Go 14 (E1404F) dirancang untuk bertahan dalam berbagai kondisi, sehingga menjadi solusi yang andal untuk berbagai kebutuhan, baik di lingkungan profesional maupun sehari-hari.

Dengan beragam fitur dan keunggulannya, Vivobook Go 14 (E1404F) ditawarkan dengan harga mulai dari Rp6.299.000. Harga ini dianggap sangat layak dan bahkan terjangkau untuk sebuah laptop awal yang memiliki spesifikasi yang tidak main-main. Untuk melihat secara lengkap fitur dan spesifikasi Vivobook Go 14 (E1404F)

Webcam Shield dan Backlit Keyboard

Hari ini aktivitas hacker memang makin meresahkan. Adanya Webcam Shield dapat melindngi diri kita dari aktivitas hacker yang bisa mengintip dari webcam ini. Cukup menggeser switch maka aktivitas kita tidak akan terlihat karena webcam tertutup.

Selain itu, adanya backlit keyboard dapat memberikan kenyaman ekstra saat digunakan dalam kondisi yang minim cahaya. Fitur ini jarang ditemukan pada laptop jadul seperti notebook saya sebelumnya. Berikut spesifikasi lengkap laptop ini.



Main Spec.

Vivobook Go 14 (E1404F)

CPU

AMD Ryzen™ 5 7520U Mobile Processor (4-core/8-thread, 4MB cache, up to 4.3 GHz max boost)

AMD Ryzen™ 3 7320U Mobile Processor (4-core/8-thread, 4MB cache, up to 4.1 GHz max boost)

Operating System

Windows 11 Home

Memory

16GB LPDDR5

8GB LPDDR5

Storage

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

256GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

Display

14-inch IPS-Level, FHD (1920 x 1080) 16:9, 60Hz, 250nits, Anti-Glare

Graphics

AMD Radeon™ Graphics

Input/Output

1x USB 2.0 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack

Connectivity

Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 1*1 + Bluetooth® 5.3 Wireless Card

Camera

720p HD camera

Audio

AI noise-canceling technology, SonicMaster, Built-in speaker, Built-in array microphone

Battery

42WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimension

32.45 x 21.39 x 1.79 ~ 1.79 cm

Weight

1.38 Kg

Colors

Green Grey, Cool Silver, Mixed Black

Price

Rp6.299.000 (Ryzen™ 3 / 8GB RAM / 256GB SSD)

Rp6.599.000 (Ryzen™ 3 / 8GB RAM / 512GB SSD)

Rp9.599.000 (Ryzen™ 5 / 16GB RAM / 512GB SSD)

Warranty

2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS Perfect Warranty

Kesimpulan

Demikianlah segudang keunggulan Asus Vivobook Go 14 (E1404F) yang menurut saya sangat worth it untuk pelajar dan mahasiswa. Dengan harga yang sangat affordable pula. Saya jadi menyesal dulu sewaktu awal kuliah tidak membeli laptop dengan spesifikasi serupa. Membayangkan saya bisa mengeksplor banyak hal dengan dukunga perangkat yang memadai.

Teruntuk kamu, yang masih bingung mau beli laptop seperti apa. Asus Vivobook Go 14 (E1404F) bisa menjadi pilihanmu. Karena memang sudah sangat lengkap dan menunjang kreatifitas sebagai pelajar, mahasiswa atau kreator pemula.

27 Responses to "Inovasi Terbaru: Asus Vivobook Go 14 (E1404F) sebagai Laptop Ideal untuk Pelajar dan Mahasiswa"

  1. Gak hanya mahasiswa dan pelajar sih, saya juga ingin punya Asus Vivobook Go 14 (E1404F) karena selain layarnya HD juga TÜV Rheinland-nya ya, ini cukup penting sih buat digital savy seperti saya untuk mengurangi radiasi sinar biru.

    Btw, harganya terjangkau yaaa untuk laptop dengan prosesor AMD Ryzen dengan kapasitas memori 16GB.

    Tampilannya juga minimalis dan modern. Aaaahhh!!! pengen deh.

    ReplyDelete
  2. Laptopnya Asus nggak pernah gagal sih, apalagi yang Vivobook. Aku pake Asus dari 2014 baru ganti di 2023, terus beli seri Vivobook juga. Sebagus itu itu speknya, terus harganya bersaing

    ReplyDelete
  3. Dari spesifikasi prosesor dan Ram laptop ini powerful, vga juga bisa diajak kerja keras dalam editing gambar, mungkin yang perlu diperhatikan adalah kapasitas penyimpan data yang terbatas di 256 gb dan 512 gb.

    ReplyDelete
  4. Reviewnya bermanfaat banget nih, jujur kadang kita suka bingung milih spesifikasi laptop, terutama laptop yang cocok untuk pemula kayak pelajar atau mahasiswa. Dengan ada review lengkap kayak gini kita jadi dapat info sekaligus rekomendasi yg tepat buat pilih laptop sesuai kebutuhan.

    ReplyDelete
  5. Dari jaman kuliah udah pake asus, jarang banget rusak dan masih awet sampai skrg. Tapi pas baca ini kayanya harus ganti, spesifikasinya juga bagus bahkan harganya tergolong ramah kantong.

    ReplyDelete
  6. Ini yang bikin kesengs sama laptop ini Laptop ini menggunakan prosesor AMD Ryzen™ 7000 U-Series terbaru untuk memberikan kecepatan dan efisiensi energi yang sangat baik, menjadikannya pilihan yang ideal untuk profesional muda, pelajar, dan content creator yang membutuhkan perangkat dengan performa tinggi.

    ReplyDelete
  7. usai mencoba laptop ASUS ini asli mupeng banget karena emang fiturnya banyak mendukung kerjaan makin cepat selesai dan ringan dibawa kemana-mana. Harganya pas buat pelajar dan mahasiswa

    ReplyDelete
  8. Bener banget, aku juga ngalamin beli laptop kemahalan.. Emang merk x itu lebih mahal, tapi belinya pas covid karena tuntutan kerja mau ga mau jadi beli.. Tapi nyesel, terus ketemu ASUS Vivobook tambah nyesel hihihi, tapi ya udahlah jadi pelajaran aja..

    ReplyDelete
  9. Untuk kategori laptop pemula, laptop ini bagus banget karena spesifikasinya oke dan harganya terjangkau. Buat pelajar dan mahasiswa cocok, di kantong orang tua juga cocok.

    ReplyDelete
  10. memang sebaiknya sebelum beli laptop atau gadget lainnya itu kita survey harga dulu dan juga spesifikasi laptopnya ya biar sesuai kebutuhan dan dapat harga yang kompetitif

    ReplyDelete
  11. Sebagai seseorang yang aktif di bidang kepenulisan dan juga konsisten menulis di blog terutama. Laptop memang jadi salah satu fasilitas yang bakal amat membantu. Emggak guna membantu dari nulisnya. Sekaranag untuk membuat tulisan lebih kekinian pun perlu desain grafis bahkan video. Laptop memudahkan semua itu dalam satu ruang. Aku jadi penasaran nih sama laptop ini karena ringan dan mudah dibawa ke mana-mana.

    ReplyDelete
  12. Kalo ngomongin laptop, Asus emang selalu bikin mupeng! Apalagi kalo desainnya oke, ringkas dan enteng dibawa kemana2 seperti ini. Nggak salah kalo laptop ini jadi pilihan pelajar dan mahasiswa. Mantaap! Bisa jadi salah satu motivasi biar rajin nabung nih, hihihi

    ReplyDelete
  13. Dulu mikir kalau laptop pelajar yang penting bisa buat nulis dan bikin presentasi yang sederhana. Sekarang udah enggak begitu lagi. Pas banget ini ponakanku lagi cari laptop. Semoga pas kusodorin Asus ini ortunya oke.

    ReplyDelete
  14. Habis nyobain yang Asus Expertbook, eh ada yang ini lebih terjangkau. Jadi pengen punya laptop terjangkau tp performanya tetep oke.

    ReplyDelete
  15. Emang penting riset dulu sebelum beli laptop,selain supaya bisa beli dengan harga wajar, kita sebaiknya beli sesuai kebutuhan. Artikel ini cocok banget nih buat pelajar / mahasiswa yang mau beli laptop, dan harganya pun terjangkau.

    ReplyDelete
  16. Ini udah cocok banget buat mahasiswa, dari segi fitur dan desainnya juga modern

    ReplyDelete
  17. Paling pusing memang kalau disuruh menentukan laptop bagaimana yang mau dibeli ya Kak. Rasanya teknologi itu berkembang cepat sekali. Tapi lihat spek-nya Asus Vivobook Go 14 ini memang cocok sih untuk mahasiswa dan pelajar. Screen besar, processor dan memory cukup mumpuni, rasanya sudah pas sih untuk menemani nugas.

    ReplyDelete
  18. Bisa jadi pertimbangan nih! kalau dilihat vivobook emang termasuk laptop yang simple tapi worth it buat kerja-kerja, karena emang lagi butuh laptop yang support pekerjaan buat dimana kemana mana. Thank you for sharing!

    ReplyDelete
  19. Wish list aku di tahun ini yang simple... punya vivobook go 14 tanpa perantara lising wkwkwk

    ReplyDelete
  20. Wah ini sih kece banget! Kualitas laptop Asus memang udah nggak usah diragukan lagi terutama untuk mahasiswa!

    ReplyDelete
  21. Spesifikasi Asus Vivobook Go 14 (E1404F) ini memang sangat cocok untuk pelajar san mahasiswa ya kak
    Aku jadi pengen beliin laptop ini untuk anakku

    ReplyDelete
  22. kebetulan banget adekku mau beli laptop. Mau tak rekomendasiin ini ah. Thank you kak ulasannya lengkap banget. (dila bahar)

    ReplyDelete
  23. suka banget sama Asus Vivobook seri ini. Kayaknya ringan dan mudah dibawa kemana mana. Jangankan pelajar, saya juga demen sama laptop ini.

    ReplyDelete
  24. Makin manteb yah tampilan dan spek nya ASUS sekarang! Dulu pernah pakai, dan sekarang udah jarang pakai windows karena dari kantor pakai macbook.. tapi pengen ada review monitor nya ASUS gitu buat di pc di rumah

    ReplyDelete
  25. gw juga pake asus meskipun masih versi yg lama, tapi emang kualitas asus keren sih dan performanya lancar. segitu baca review ini, sempet mikir kaenya bakal ganti dg asus yg baru ini.

    ReplyDelete
  26. Kalau harganya semurah itu dengan spek keren gini, pastinya semua pengen punya ASUS ini. Tampilannya juga keren.

    ReplyDelete
  27. Laptop udah jadi kebutuhan primer buat pelajar dan mahasiswa sekarang ini. Untung ASUS ada spek segmen ini.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel