Mamak Story

Malem ini rencananya mau ngerjain tugas yang tadi siang sempat tertunda karena kekonyolan yang sangat tidak berfaedah. Tiba-tiba naluri kerinduanku muncul dan aku memutuskan untuk nelpon ke rumah. Yaaah obrolan biasa menanyakan masak apa, udah makan belum, terus seputar kuliah juga. 10 menit obrolan masih kondusif tapi 10 menit berikutnya sifat kolot dan paranoidnya mamak mulai kentara. Mulai dari saran yang harus ngurangin ikut kegiatan di luar kuliah. Terus nyuruh ngurang-ngurangin beli buku yang bukan buat kuliah. Duuuhhhh. Yaaa emang sih aku musti nabung mulai sekarang soalnya coming soon bakal ada Field Trip di Fakultas ku. Jadi yaa kemungkinan besar butuh duit berjeti-jeti. Sebenarnya pengen sih ngasih penjelasan sedikit ke mamak. Tapi setiap beliau udah mengeluarkan senjata pamungkasnya berupa suara yang begitu menggelegar aku langsung mlempem dan mengiyakan aja saran-saran paranoidnya itu.
Pengen banget kayak gini 😀

Mamak : udah sekarang kurang-kurangin aktivitas diluar kuliah. Kalo nggak terlalu penting mendingan nggak usah. Aneh-aneh nanti malah berabe.

Aku : maaak ilmu itu nggak cuma di dapat di bangku kuliah atau dari dosen aja lo, tapi ilmu juga banyak yang didapat dari kegiatan-kegiatan luar kampus.

Mamak : udah kalo bukunya nggak wajib nggak usah beli, yang penting banget aja yang dibeli. Sekarang kamu harus pandai-pandai nabung.

Aku : maak nggak bakal rugi looo membeli buku, meskipun sekarang belum terlalu penting tapi pasti nanti bakal kepake juga.

Pengennya gitu. . Tapi yaaa tak kuasa aku menentang ucapannya yang sangat garang itu hahahaaa. Itu sih antara aku yang cemen atau mamak yang begitu paranoid, dan sedikit garang hihi. Yaa maklum kalo mamak gitu, beliau kan hanya mengenyam bangku pendidikan SD itu saja tidak lulus. Aku pernah iri sama temenku. Dia itu pinter terus orangtuanya juga selalu support dia, mau ikut kegiatan apa aja di dukung, mau beli buku aja dituruti. Tapi aku semakin menyadari kalo aku terlalu mudah mendapatkan keinginanku pasti ceritanya biasa-biasa aja. Nggak ada perjuangan gitu. Jadi mulai sekarang aku bersyukur meskipun aku harus nabung, nyisih-nyisihin duit buat beli buku, atau ikut kegiatan. Ya maklumlah temenku di support gitu orang tuanya aja lulusan SMA.

Hmmm meskipun begitu, bagiku orang tuaku lebih hebat dari orangtua yang lain. Bayangin aja mamak yang nggak lulus SD aja bisa dagang, mengelola warung selama 5 tahunan. Dan selama kurun waktu itu gak pernah tombok modal (kan ada sih pedagang yang suka tekor, terus modalnya harus nombok terus). Sedangkan aku apa? Udah lulus Aliyah sekarang duduk dibangku kuliah. Jangankan jualan, yaelah bantuin jualan mamak aja sering salah nyusuk in orang 😂.

Terus ada cerita lagi nih. Aku kan pamer soalnya beberapa waktu yang lalu donor darah. Hmmm aku pikir mamak bakal senang atau yaaa apresiasi gitulah yaa.. tapi ternyata Oh My God. Malah overprotective nya itu muncul. "Haahhh donor daraahh??? Emangnya kamu nggak papa? Terus darahmu diambil berapa? Ya ampun sampe satu kantong? Ati-ati lo nanti kamu jadi ringkih lagi. Hmmmmmmm ya mungkin karena faktor geografis yang menyebabkan mamak kayak gitu. Soalnya di desa aku mana ada acara-acara donor darah. Kalo di kota, setidaknya kota metro (kota kecil☺) pasti ya udah nggak asing sama donor darah.

Ekspresi yang sama juga berasal dari lelek ku. Aku sering panggil beliau Lek Cipli padahal nama aslinya Sukarmin. Beliau adalah adiknya mamak ku yang ragil. Aku deket banget sama beliau dari bayi. Yaa deket bangetlah jadi aku suka cerita gitu tentang kuliahku, tentang murid ngajiku, terus beliau juga cerita tentang anaknya yang masih TK dan minta saran ke aku gimana ngajarin anak yang masih TK. Nah waktu aku cerita donor darah lelek juga khawatir gitu ke aku. Terus dia nanya. "Kamu dikasih vitamin nggak itu? Kalo nggak dikasih banyak-banyak makan kelapa sama gula merah". Terus aku jawab "Dikasih kok lek tapi nggak aku minum soalnya bentuknya gede gitu aku nggak bisa minumnya". (Perlu kalian tahu bahwa aku paling susah minum obat, seumur hidupku bisa diitung jari berapa kali minum obat, dan bahkan seumur hidup aku baru sekali pergi ke bidan, terus disuntik cuma pas SD sama waktu donor darah kemarin).

Terus kalo sakit gimana?

Haaahaa aku kalo sakit ya tak biarin aja terus kadang-kadang merintih" gajelas seperti orang yang nyawanya tinggal 0,99 persen huahaha. Nggak separah itu juga keles. Alhamdulillah sih nggak pernah sakit yang parah gitu. Paling cuma masuk angin terus dikerokin dan besoknya sembuh.

Udah dulu lah, cicicuitnya. Mau ngerjain tugas dulu nih. Dari tadi udah ditunda. Aku kan mau hijrah dari pemalas menjadi rajin. Haiiiiss opo ae. . Jadi bijak gini abis nelen jarum pentul😂

0 Response to "Mamak Story"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel