Si Mbok Wanita Kuat

Nama : Rinah (emang nama nenekku lebih keren daripada namaku ya heheh)
Usia : 82 tahun
Status : Janda (kakekku alias mbahku sudah wafat ketika aku kelas 2 SMP, yaaah sekitar 7 tahun yang lalu)

Aku biasa memanggil wanita hebat ini "mbok e". Banyak sekali yang bisa ditiru dari mbokku ini. Meskipun mbokku nggak pernah sekolah dan tidak mengenal baca tulis (tapi kalo uang mudeng hehe). Makanan kesukaan mbok e itu anggur, hmmm tapi kalo disuruh beli nggak mau kalo dikasih baru mau hahahahah. Katanya gini "Aku seneng anggur tapi nek kon tuku yo emoh". Jadi mamakku kalo berkunjung ke rumah mbok e beli oleh-olehnya anggur. Terus biasanya sama mbok e anggurnya ditarok lemari dan makannya di eman eman hahahha.
Mbok e pernah jadi ibuku untuk sementara waktu yaitu ketika mamakku baru bercerai dari bapakku dan terpaksa harus kerja di jakarta jadi aku sama adikku di asuh sama mbok e dan mbah lanang (waktu itu masih hidup). Dari kelas 1 SD sampe kelas 6 aku tinggal sama mbok e di tulang bawang barat tepatnya di unit 2 desa kibang budi jaya RW 4 dan rumahnya dipinggir kali. Terus aku sering mandi di kali dan pulangnya sering kena marah mbah lanang malah sampe pernah disabeti hahahahah (yaahh aku memang anak bandel)
Semenjak kepergian mbah lanang mbok e tinggal sendiri karena anak-anaknya udah nikah semua. Dan aku juga udah pindah ke OKI ngikut mamak. Meskipun begitu mbok tetep kekeuh nggak mau tinggal sama anaknya. Katanya sih karena mendiang mbah lanang pernah berpesan supaya jangan kemana-mana, tetep di rumah itu aja (cieee setia banget yaaaa). Terus aku suka ledekin mbok e supaya nikah lagi, tapi katanya beliau mau nikah kalo yang ngelamar bujang. Kalo orang yg sama-sama tua nggak mau hahahahaha.

Mbok e itu wanita yang nginang (makan daun suruh terus ngeludahnya warna merah, yaa pokoknya gitulah 😁). Mbok e juga pernah nyaranin aku buat nginang karena kata beliau nginang itu bagus buat gigi. Tapi aku nggak mau karena jijik iyaa, terus pernah nyicip daun suruh dan rasanya pait huueeek. Dan alhasil gigiku jadi morat-marer gini deh 😀 tapi meski morat marit aku nggak pernah sakit gigi looooo.

Fakta selanjutnya, di usia 82 tahun mbok e tu nggak pernah punya penyakit parah gitu kayak diabet, jantung dll (jangan sampek deh). Terus mbok e juga nggak bisa minum obat. Kayak aku gitu, mungkin karena itu juga aku jarang sakit (alhamdulillah).

Sekarang aku jarang banget berkunjung tempat mbok e karena yaa kuliah, dan pulangnya pas semesteran doang. Terus pas libur sibuk bantuin mamak. Terakhir kesana pas lebaran kemaren terus mbok e bilang gini
"Nduk libure jek suwi opo ora?"

"Emange ngopo mbok"

"Yo ngancani mbok e lah neng kene"

"Heemmm sepurane yo mbok, aku dikongkon mamak jogo warung pas liburan nggo bayar semester",

"Owalah ngono to, yowes mbok e selalu mangestuni (memberi pangestu atau restu), seng tenanan lek belajar ora usah ngenal cowok ndisek ngko mamak kecewa"

(Kalimat terakhirnya tu looooo😀)

Meskipun mbok e udah tergolong lansia tapi mbok e masih seger buger looooo. .masih mampu macul, ngoret nandur singkong dipekarangan rumah. Terus kalo udah panen dibikin tape dan di jual ke pasar. Padahal anak-anaknya mbok e udah ngelarang mbok e kerja gitu tapi mbok e masih ngeyel terus katanya gini "La aku ki isek pengen duet kok", terus mbok e itu gemar banget nyangoni orang, pokoknya kalo ada anak kecil dateng pasti suka dikasig receh gitu, dan kadang aku juga masih dikasih sangu. Mbok eeee gongganghasyipsyu (ini bahasa korea lagi😁 artinya semoga sehat selalu)

Aku berharap mbok e panjang umur, terus menyaksikan aku wisuda, nikah, dan punya anak. Aku juga berharap punya banyak waktu supaya lebih sering ngunjungi mbok e.

NB : ditulis saat merindukan desa Kibang Budi Jaya beserta penghuninya. Mereka adalah, mbok e, mbah lanang, lelek, sepupu" ku yang kocak dan freak, temen-temen SDku si Desi, Ela, Umi, Riris, Dewi, Tanti, Fatimah, Naning, Ucuk, Duwi, Agung, Yopi, ani, puji, hmmm pokokya semua deh sampe tukang nasi uduk di SD ku, mbak rakio yang jualan cilok, mbak sonem yang jualan sate-satean. Aku Rindu Unit 6😃😄

0 Response to "Si Mbok Wanita Kuat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel