Tips Menulis Bagi Pemula


Aku tidak ingat, sejak kapan suka menulis atau bercita-cita ingin jadi penulis. Seingatku ada satu kesempatan, ketika  aku benar-benar ingin mengungkapkan keresahan lewat tulisan. Tepatnya setelah membaca sebuah artikel yang kontradiktif dengan pemikiranku. Artikel itu dikirim oleh seorang senior di kampus yang ku kenal lewat dunia maya.

Selanjutnya, berkat dia lah aku mengenal beberapa orang yang masyur di dunia kepenulisan. Mulai dari teman-teman yang juga suka menulis di lingkungan kampus, dosen, blogger lokal, dan akhir-akhir ini peneliti dan copy writer.

Ternyata dunia kepenulisan akan semakin seru ketika semakin banyak teman yang suka menulis juga. Kita jadi merasa punya saudara sekandung hanya karena punya hobi yang sama. Seorang temanku pernah bilang kalau penulis pasti akan senang bertemu dengan penulis lain, karena ia merasa punya teman. 

“Orang-orang yang suka nulis itu langka, makanya seneng kalau ketemu mereka.” Katanya suatu hari.

Setelah menjadikan aktivitas menulis sebagai suatu kegemaran. Pertanyaan yang sering aku terima adalah bagaimana caranya supaya bisa menulis. Terus terang aku bingung menjawabnya. Dan mungkin orang-orang yang suka menulis juga kerap menerima pertanyaan ini.

Karena jawaban bagaimana cara menulis itu ya cuma memulainya. Fiersa Besari sebagai novelis, juga bingung menjawab pertanyaan ini. Justru ia menjelaskan kenapa memutuskan untuk menulis. Jawabannya menakjubkan memang. Sama seperti memotret dan membuat video, menulis adalah sebuah usaha mengabadikan.

“Manusia adalah makhluk paling pelupa. Dengan menulis kita jadi meninggalkan jejak untuk memberi tahu orang-orang yang berada di masa selanjutnya.”

Karena banyak pertanyaan mengenai cara, menulis akhirnya menjadi semacam cabang ilmu. Banyak event yang menyelenggarakan kelas menulis dengan menyajikan teknik-teknik dasar menulis. Intinya selain unsur hobi dan bakat, menulis ternyata bisa dipelajari. 

Nah, beberapa hal berikut ini mudah-mudahan bisa membantu kalian penulis pemula untuk mengembangkan bakat dan hobi menulis. Kiat-kiat ini aku rangkum dari beberapa kelas menulis yang pernah aku ikuti. 

Mulai Menulis dengan Hal-hal yang ringan
Menulis adalah sebuah kegiatan yang bergantung pada jam terbang. Jadi tidak ada yang instan untuk mencapainya. Seperti memasak, menulis akan semakin bagus hasilnya jika sering berlatih. Maka untuk pemula sangat disarankan menulis hal-hal ringan, misal tentang kejadian-kejadian sederhana dalam hidupnya, pengalaman lucu, unik atau romantis, sampai menulis keresahan yang dapat mewakili banyak orang.

Jangan Menulis Sambil Mengedit
Pelajaran kelas menulis yang paling aku ingat adalah jangan menulis sambil mengedit. Memang benar sih, berdasarkan pengalaman, menulis sambil mengedit akan menyebabkan ide jadi mandek aliyas stagnan. Karena otak kita akan fokus memikirkan teknis. Mengedit menggunakan otak kiri, sementara menuangkan ide adalah kerja otak kanan. Maka ketika mengedit sambil menulis kerja otak kanan dan otak kiri akan kontradiksi.

Cari atau Bentuk Sirkel Pertemanan yang Punya Ketertarikan dengan Kepenulisan
Caranya bisa dengan ikut komunitas di sekitar kita atau komunitas online. Di facebook sudah banyak sekali grup komunitas menulis baik lokal, nasional bahkan sampai internasional. Karena dengan lingkungan yang satu frekuensi dengan kita, itu akan menambah semangat dan inspirasi untuk menulis. Saya ingat salah satu petuah mentor menulis saya pernah bilang, 

“Yang menyenangkan untuk seorang penulis, ketika ia punya teman”

Nah, kalau itu masih sulit terwujud, bisa juga dengan membentuk ekosistem yang sama-sama menyukai dunia kepenulisan. Kalau sudah ada masanya tinggal mengundang orang profesional untuk berbicara mengenai hal-hal yang kiranya perlu diketahui lebih jauh.

Jangan malas mempelajari Tata Kepenulisan dasar
      Bagian ini memang cukup membosankan sebenarnya, apalagi untuk pemula. Tapi mau tidak mau, kita juga harus terus mengevaluasi hasil karya yang kita hasilkan, termasuk tata tulis. Misalnya, 

  • Satu paragraf harus mengandung satu pokok pikiran
  • Jangan terlalu banyak mengulang kata yang sama
  • Tulisan bisa berasal dari pertanyaan, dan paragraf adalah isi jawabannya.Kedalaman tulisan ditentukan oleh penelusuran kita terhadap istilah-istilah.

Perbanyak Membaca untuk Menambah Perbendaharaan Kosakata

Seorang narasumber di kelas menulis yang saya ikuti mengatakan.

“Untuk bisa menulis, nggak ada jalan lain kecuali membaca.”

Saya sangat setuju dengan kalimat itu. Dengan membaca otak kita akan me-record beberapa kosakata atau istilah baru. Tentu itu sangat baik untuk menunjang kelancaran menulis. Saya juga ingat, Fiersa Besari dalam youtubenya juga bilang,

“Pertanyaan bagaimana menjadi penulis hanya akan diajukan oleh orang-orang yang malas membaca.”

Jelas bukan?Kalau menulis tidak akan pernah lepas dari kegiatan membaca.

Buat Pembaca Jatuh Cinta dengan Paragraf Pertama
Ini memang bukan hal yang mudah sih menurutku. Hawong mau memulai nulis saja susah mengawali kalimatnya, apalagi bikin awal yang menarik dan bahkan bikin orang jatuh cinta. Tapi bukan berarti tidak mungkin kan? Semua bisa dipelajari kok. Kita bisa memerhatikan tulisan idola kita, kemudian mengamati dan memodifikasinya. Misalnya kita bisa mengawali tulisan dengan quotes, percakapan dengan seseorang, perbandingan zaman dahulu, atau kisah seseorang.

Akhiri Tulisan dengan Kesan yang Menarik
Bagian ini seperti punchline dalam sebuah stand up comedy. Ada sebuah kesan yang sebaiknya berbekas di benak pembaca. Misalnya kelucuan, keromantisan, ketegasan dan lain-lain. Tujuannya tidak lain tidak bukan agar pembaca ketagihan membaca tulisan kita selanjutnya.

Nah, itulah beberapa saran dan tips yang dapat saya bagikan. Sebenarnya akan semakin banyak saran yang kita temukan ketika sudah masuk dalam dunia menulis ini. Baik dari teman, mentor, atau bahkan dari pengalaman kita sendiri. Jadi, kalau kalian punya tips lain tentang menulis, tinggalkan di kolom komentar ya!!

0 Response to "Tips Menulis Bagi Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel