Perjalanan Ngeblog dari Awal

Kalau tidak salah ingat, awal mula ngeblog itu kuliah semester dua. Saat itu aku bertemu dengan dosen yang suka menulis. Mungkin itu pula, yang membuatku jatuh cinta dengan menulis. Setelah satu dua kali mencoba mengirim artikel ke media dan gagal, akhirnya memilih untuk menerbitkan tulisan sendiri di blog. Maklumlah saat itu, diri ini sangat kepedean bahwa tulisan yang dikirim punya banyak peluang untuk terbit. Padahal kan tidak semudah itu brow wkwkwkw.

Sekitar tahun 2016-an kira-kira aku memulai ngeblog dengan pengetahuan seadanya dan menjalani semuanya secara autodidak. Menulis dengan serampangan dan kosakata seperti makalah adalah jalan ninjaku saat itu. Aku sudah cukup berpuas diri ketika tulisanku terupload di google.

Sebab kegagalan-kegagalan untuk menerbitkannya di media cetak membuat diri ini berputus asa untuk mengirim lagi.Logikanya ngapain susah-susah ngirim ke media, kalau kita bisa nerbitin sendiri.
Selanjutnya aku mengawali ngeblog dengan berbagai kebingungan. Karena tidak ada seseorang yang bisa ku tanya ketika menjumpai kesulitan. Sehingga google menjadi satu-satunya tempat mengadu dan mengharapkan jawaban dari semua kesulitan. Hahahaha.

Kemudian Aku mengisi blog dengan materi kuliah yang sudah ku buat. Karena ku pikir, mubazir sekali materi-materi yang sudah ku susun dengan segenap jiwa dan raga itu hanya bersarang di salah satu folder PC saja. Aku juga memposting beberapa puisi yang kalau sekarang di baca pasti aku akan memicingkan mata dan mengernyitkan dahi. Betapa tingkat kepedeanku sangat tinggi waktu itu untuk memposting puisi alay seperti ini. hahahaha. Tapi yaudahlah yaa kita akan berhenti alay pada waktunya bukan?

Mungkin dua tahun yang akan datang tulisan ini akan aku tertawakan saking nggilaninya. Ya who know’s?Hehehehe.

Lambat laun aku mulai bersentuhan dengan beberapa  kawan sekampus yang menekuni blog juga. Tapi tak banyak yang kami lakukan. Paling hanya sekadar saling sapa di dunia maya. Dan jadilah blog ku sangat lambat progresnya. 

Tapi beberapa bulan belakangan, aku mulai menyadari betapa pentingnya aktivitas blogwalking untuk menunjang motivasi dan inspirasiku dalam mengisi konten blog. Mulai belajar kategori blog dan ke depan akan memilih spesifikasi atau gimmick agar lebih mudah ketika melakukan brandstorming. Wehehehe.

Jadi ya maklum saja, kalau sudah hampir 4 tahun progres blog ini masih tetap random. Karena berbagai kesibukan kemageran dan kegabutan yang melanda diri ini susah sekali dihalau. Memang memulai segala sesuatu akan terasa lebih mudah daripada mempertahankannya. 

Bukan bagaimana memulainya, tapi bagaimana memelihara konsistensinya.
Apalagi ketika sudah di dunia kerja sekarang, blogger part time banyak sekali godaannya. Rasanya menyempatkan waktu untuk ngeblog disela-sela waktu menjadi budak birokrat ini rasanya berat juga ya. Tapi akhirnya kita akan sedikit bangga ketika berhasil melewati masa-masa sibuk itu.Dengan berusaha produktif mengisi konten blog.

8 Responses to "Perjalanan Ngeblog dari Awal"

  1. Aku sendiri mulai ngeblog saat kelas 2 SMA, dan sampai sekarang isi blogku masih random menyesuaikan minatku yang banyak. LOL. Semangat ngeblognya Mbak dan salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuu tetap semangat yaa, pokoknya nikmati terus wkwkw

      Delete
  2. Saat awal ngeblog pasti akan alay. Tapi pas dibaca lagi postingan-postingan lama, malah jadi hiburan untuk diri sendiri. Sekarang juga saya sedang mencoba komitmen untuk nulis apa aja minimal 1 minggu 1 kali dan dipublish, bukan cuma di draft. Hihi... Salam kenal ya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kadang-kadang klo dibaca tuh pengen ngakak sendiri wkwkw.. Salam kenal juga yaa

      Delete
  3. saya awal mula mengenal dunia blog kelas 6 SD mbak. Awalnya suka liat blognya bang Benakribo dan Arief Muhammad, plus buku novelnya Bang Raditya Dika. trus saya searching gmn caranya buat blog. Awalnya saya buat blog diary, trus mulai saya tinggalkan karena saya buat blog baru, yaitu di www.aubinesia.com yg berkonten dunia traveling.

    tentunya jadi blogger punya banyak suka dan duka. Sukanya misal bisa curhat apa aja di blog, bisa pamer ke temen2, bisa ga mandi seharian :v dll

    dukanya ya paling mager, ditanya knp ga upload konten, dan dimarahin ortu karna tiap hari pegang gadget sampe lupa waktu, mata pun jadi ada hitam2nya karna sering begadang.

    Yah, mungkin smua kisah unik ini bisa diceritain kpd anak cucu saya kelak. Bahwa tak selamanya kesuksesan itu diraih dgn mudah, pasti ada susah dan pahitnya, 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sampe nggak mandi seharian wkwkwk. Mantap bener mbak

      Delete
  4. Bener banget nih. Paling mudah memulai dan paling sulit bertahan. Bahkan aku aja kalau lagi males mager parah ngga nulis sama sekali. Padahal sayang banget kan yaa, domain juga enggak gratis wkwk
    Salam kenal yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehee makanya butuh inspirasi dan semangat dari temen-temen yang melakukan kaya gini juga. Salam kenal mbak

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel