16+ Ide Healing Sederhana Saat Weekend

Pernah nggak merasa libur weekend jadi sia-sia?

Biasanya karena aktivitas yang begitu padat dari hari senin sampai jumat, akhirnya membuat kita ingin balas dendam dan bermalas-malasan saat weekend-nya. Terus begitu malam senin rasanya masih ingin libur dan bermalas-malasan lebih lama lagi.

Nah, ini sering terjadi, beberapa temanku juga ada yang berkeluh demikian. Rasanya libur dua hari pas weekend belum bisa membayar kepenatan yang dirasakan dari senin hingga jumat. Menurut saya, hal ini terjadi karena kita tidak mengisi dua hari libur itu dengan agenda yang berarti.

Healing, belakangan sering disebut untuk menyebutkan aktivitas refreshing saat weekend ini juga semestinya kita agendakan dengan baik. Supaya pengalaman dan kepuasan terhadap dua hari libur ini mengembalikan mood dan semangat untuk beraktivitas kembali pada hari senin.

Bagi orang yang bekerja di kantor seperti saya, aktivitas refreshing ini rasanya penting sekali. Karena jika kita tidak pandai menjaga semangat, maka perasaan mudah putus asa dan menyerah akan selalu menghampiri.

Cobalah lakukan beberapa alternatif aktivitas di bawah ini saat weekend. Siapa tahu ada salah satu aktivitas yang dapat memberikan perasaan menyenangkan bagi kalian. Saya sendiri baru menyadari bahwa aktivitas sederhana terkadang memberikan kepuasan tersendiri dan dapat mengembalikan semangat saya setelah lima hari bekerja.

Berikut 16 Ide Healing Sederhana Saat Weekend yang mungkin bisa kalian coba.

Healing-sederhana

1. Bersih-bersih Rumah

Bersih-bersih rumah memang terkesan melelahkan. Tapi percayalah kegiatan ini justru bisa menjadi healing bagi sebagian orang. saya juga sudah mencobanya, memang ada perasaan menyenangkan, walaupun agak melelahkan, tapi rasa puas itu hadir ketika melihat tempat tinggal yang kembali bersih dan rapi.

Teman-teman yang tinggal di kos-kosan juga dapat mempraktikkan tips ini dengan membereskan kamar. Saya sendiri merasakan ketika kita membereskan kamar, kita menemukan kembali bekas-bekas struk atau terkadang sampah. ketika membuangnya, ada perasaan lega seperti kita ikut membuang kelelahan setelah lima hari beraktivitas padat.

2. Nonton Film

Nonton film menjadi salah satu agenda favorit saya untuk menghabiskan dua hari selama weekend. Saya merasakan ketika menonton film ada aktivitas release emosi. menonton film seringkali membuat kita larut dalam cerita sehingga dapat ikut serta merasakan emosi yang dirasakan oleh pemainnya.

Ketika mereka merasa bahagia kita ikut bahagia, ketika mereka liburan rasanya kita juga ikut liburan, ketika mereka sedih tidak jarang kita juga ikut menangis tersedu-sedu. Hal inilah yang akan membuat kita berlatih empati. Sebagai bonusnya, kita merasakan berbagai pengalaman tanpa harus kemana-mana.

3. Mencuci Kendaraan di Rumah

Mencuci kendaraan di rumah ini juga menjadi aktivitas favorit saya. Karena selalu ada keseruan ketika kita beraktivitas dengan air. Aktivitas ini juga cocok untuk kalian yang sudah memiliki buah hati. Pasti sangat seru sekali bermain air hanya bermodalkan selang air saja.

Lumayan kan? serunya dapat, bersihnya dapat, hematnya juga dapat. Paket lengkap. 

4. Kulineran di Sekitar Rumah

Di sekitar tempat tinggal kita pasti banyak UMKM yang menjual makanan. Kalau ditempat saya ada banyak sekali, mulai dari mie ayam, soto, bakso, pecel, pempek, batagor, dan masih banyak lagi. Lumayan tuh bisa jadi target untuk wisata kuliner. Sekalian mendukung UMKM lokal juga. 

Saya bersama suami kerap melakukan ini saat weekend. Bisa diselingi dengan jalan-jalan singkat sekaligus menghapal jalan sekitar rumah. Kadang ada saja warung baru yang belum kita coba. Tidak terasa kita ketemu hal-hal baru saat kulineran. Bonusnya perut kenyang dan lidah juga dimanjakan dengan berbagai cita rasa masakan.

5. Memasak Bareng Keluarga atau Sahabat

Kegiatan ini kebalikan dari aktivitas sebelumnya. Kalau kalian tipe orang yang mager keluar rumah, agenda masak dan mencoba resep di rumah bisa jadi penggantinya. Bagi saya memasak bisa jadi sesuatu yang menyenangkan. Ada perasaan bahagia ketika dapat mencoba berbagai resep dan menghasilkan hidangan baru. 

Walaupun terkadang memasak juga ada kegagalannya. Tapi paling tidak kita telah mencoba sesuatu, paling tidak kita juga telah belajar sesuatu dari kegagalan itu. Kita bisa mulai belajar masak dari yang paling sederhana. Misalnya mencoba resep minuman atau dessert, baru setelah itu lanjut ke aktivitas masak yang lebih rumit dan menantang.

Kegiatan masak bersama orang-orang terdekat juga bisa meningkatkan bonding. Sehingga bisa lebih saling peduli dan menambah keharmonisan relasi. Ini juga kerap saya lakukan bersama suami. Dan mungkin akan saya lakukan ketika memiliki anak kelak.

6. Berkebun

Aktivitas digital yang berlebihan kerap membuat kita stress dan overthinking. Namun sebaliknya, aktivitas yang jauh dari digital kerap membuat kita semakin mindfulness. Salah satunya berkebun. Konon kegiatan menyiram bunga dan membersihkan rumput ini memberikan rasa kepuasan kepada orang yang melakukannya.

Hampir sama dengan bersih-bersih dan beres-beres. Kegiatan berkebun ini juga membawa banyak keuntungan bagi kita. Selain tempat tinggal jadi lebih bersih dan asri, berkebun juga membawa manfaat psikologis seperti ketenangan dan kepuasan. Sehingga berkebun bisa menjadi aktivitas untuk healing.

7. Baca Buku

Bagi orang yang menyukai buku dan aktivitas membaca buku. Tentu setuju bahwa membaca buku juga bisa jadi alternatif untuk healing. Sama seperti nonton film, membaca buku cerita atau novel juga bisa mengantarkan kita untuk ikut merasakan segala emosi yang ada pada kisah dalam buku. 

Membaca buku nonfiksi seperti buku self-improvement juga bisa menjadi healing. Karena di dalamnya kita dapat berefleksi dan mendapat sudut pandang baru tentang kehidupan. Seperti apa ikigai kita sebenarnya. Akhirnya kegiatan membaca buku juga bisa jadi pilihan untu healing di akhir pekan.

8. Ikutan Komunitas

Sebenarnya banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh kalau kita bergabung bersama komunitas. salah satunya kita dapat menambah relasi baru. Menambah relasi baru membuat kita semakin tahu tentang banyak hal. Selain itu berkomunitas juga mendekatkan kita pada aksi-aksi sosial yang penuh manfaat.

Bukan hal yang sulit untuk bergabung komunitas di era sekarang. Ada beragam komunitas online yang bisa kita ikuti, mulai dari komunitas lingkungan hidup, komunitas buku, komunitas gamers dan masih banyak lagi komunitas yang mungkin tidak saya ketahui. Tinggal cari saja komunitas yang sesuai dengan kesukaan kalian masing-masing.

9. Berenang

Berenang bisa menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan di akhir pekan. Mirip seperti mencuci kendaraan, berenang melibatkan kita dengan air yang sangat seru. Akivitas ini juga cocok sekali untuk kalian yang sudah memiliki buah hati. 

10. Main Sepeda

Bagi kalian yang menyukai aktivitas fisik, kegiatan bersepeda juga bisa menjadi pilihan yang menyenangkan untuk mengisi hari libur akhir pekan. Main sepeda juga bisa di mix dengan kulineran. Jadi bisa merasakan dua pengalaman berbeda sekaligus. Saya sendiri dari dulu suka bersepeda, tapi sejak empat tahun terakhir jarang bersepeda. 

Tapi saya sangat punya keinginan untuk bersepeda kembali. Sembari mengumpulkan uang untuk membeli sepedanya saya mencoba hal-hal sederhana lain untuk mengisi libur akhir pekan.

11. Olahraga atau Jogging

Tidak jauh berbeda dengan bersepeda, kegiatan olahraga atau jogging sangat cocok bagi teman-teman yang menyukai aktivitas fisik. Bonusnya kita dapat menjaga kesehatan juga melalui kegiatan ini. Banyak sekali manfaat kesehatan yang dapat kita rasakan jika rutin berolahraga. Terkadang karena sudah terlalu sibuk bekerja, kita jadi jarang meluangkan waktu untuk berolahraga.

Padahal dengan berolahraga, badan jadi lebih luwes dan ringan. Tidur juga menjadi lebih nyenyak. Setidaknya itulah yang saya rasakan setelah olahraga tipis-tipis. Meskipun saya juga belum konsisten olahraga setiap minggu. Yuk sama-sama saling menyemangati untuk berolahraga.

12. Belanja

Aktivitas belanja biasanya digemari oleh para perempuan. Tapi, ternyata belanja juga bisa dinikmati oleh laki-laki lo. Ada beberapa manfaat psikologis dari berbelanja. Ada yang bilang kebahagiaan setelah berbelanja bisa berbanding lurus dengan kebahagiaan seseorang yang sedang jatuh cinta.

Asalkan belanjanya nggak sembarangan juga ya. Kan pas tuh kalau belanja di akhir pekan, ketika kita lagi punya banyak waktu longgar. Walaupun terkadang pusat perbelanjaan juga ramai. Kalau saya sih sukanya belanja di Pasar Tradisional. Karena senang betul melihat warna-warni sayuran dan buah serta berinteraksi dengan ibu-ibu pedagang yang ramah.

13. Silaturahmi Ke Rumah Teman atau Saudara

Manusia adalah makhluk sosial, dimana manusia tidak dapat hidup seorang diri. Bagaimanapun keadaannya manusia akan membutuhkan bantuan orang lain dalam suatu kondisi. Maka penting rasanya bagi kita sebagai menusia untuk membangun relasi yang baik dan sehat antar sesama manusia.

Bisa kita mulai dari teman terdekat atau saudara sendiri. Kalau dalam agama saya berkeyakinan bahwa silaturahmi akan mendatangkan banyak manfaat, misalnya dimudahkan rezekinya. Namun selain itu, membangun relasi yang baik juga mendatangkan banyak manfaat lainnya. Seperti, kita bisa berdiskusi tentang sebuah permasalahan dan kita juga dapat membangun ikatan persaudaraan serta kepedulian yang lebih kuat.

14. Skincare-an

Jika kalian adalah orang-orang yang super mager aliyas males gerak, maka kegiatan skincare-an atau merawat kulit di akhir pekan dapat menjadi pilihan. Ada rasa kepuasan tersendiri setelah memberikan perawatan intensif untuk tubuh kita sebagai penghargaan setelah bekerja selama lima hari.

Sebagai bonusnya kita mendapatkan kulit yang sehat. Hal itu akhirnya dapat menjadi semangat untuk kita bekerja lebih giat lagi. Dan juga semakin mensyukuri anugerah Tuhan yang telah diberikan kepada kita.

15. Ikut Kelas Pengembangan Diri

Jika kalian sedang berada di usia 20an dan bingung menentukan aktivitas bermanfaat yang bisa berguna untuk masa depan, maka tidak salah jika kalian mencoba mengikuti kelas-kelas pengembangan diri. Saat ini, bukanlah hal sulit untuk menemukan kelas-kelas semacam itu, karena di internet tersedia beragam informasi dan kelas-kelas pengembangan diri gratis yang dapat kita ikuti.

Kita tinggal memilih bidang apa yang ingin kita tekuni. Semua tersedia dan tinggal memilih saja. Mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. Konon investasi terbaik saat muda adalah ilmu yang bermanfaat. Jadi yuk semangat dan jadikan trend baru ke orang-orang sekitarmu tentang kebiasaan baik ini.

16. Wisata Lokal

Kangen jalan-jalan tapi takut boncos, coba aja wisata lokal. Coba cari wisata di sekitar rumah yang sekiranya dapat dijangkau tanpa perlu ongkos banyak. Dengan berwisata lokal kita juga bisa menjadi lebih mengenal daerah tempat tinggal kita. Selain itu, kita dapat mengamati bahkan bisa mencari peluang untuk segala hal.

Bonusnya kita bisa makin cinta sama daerah tempat tinggal sendiri. Sehingga terbentuklah rasa syukur tanpa pusing-pusing memikirkan healing seperti apa lagi agar tidak stress karena bekerja setiap hari.

Demikianlah beberapa ide healing sederhana saat weekend yang bisa kalian coba. Mungkin masih banyak hal lain yang bisa dijadikan healing. Tapi setidaknya tips di atas sudah saya buktikan dan ampuh untuk men-charge energi agar kembali semangat di hari senin.

13 Responses to "16+ Ide Healing Sederhana Saat Weekend"

  1. Dulu seriiing ngerasain libur weekend berasa kurang, pas masih kantoran mba. Sejak resign dan kerja dr rumah, ga ngerasa begitu lagi sih 😅. Tapi dulu yg aku lakuin utk mengisi weekend biar Senin nya fresh, biasanya staycation Ama Suami, atau liburan tipis ke Bogor, yg deket2 aja dr Jakarta 😁. Minggu malam balik, dan Seninnya udh fresh lagi :D.

    Kegiatan2 yg terlihat remeh, tp kalo itu termasuk hobi, juga sangat membantu saat liburan weekend, cthnya tadi membaca buku, nonton film di aplikasi , bahkan update blog selalu sukses bikin aku happy setelahnya

    ReplyDelete
  2. Asalkan dikerjakan dengan senang hati bisa jadi healing sederhana

    ReplyDelete
  3. Yup healing tidak berarti harus pergi ke luar kota. Yang penting semua dikerjakan dengan hati yang senang dan ada tujuannya. Liburan jika kecapean juga ngga enak pulangnya. Kegiatan apa pun harus menyenangkan dan mendapatkan insight baru.

    ReplyDelete
  4. Healing tidak harus mahal, dengan kegiatan sederhana di sekitar rumah bisa juga sebagai healing. Murah tetapi bukan murahan. Saya suka membaca dan bersih-bersih rumah.

    ReplyDelete
  5. dari 16 ide healing yang disebutkan diatas ada beberapa yang juga saya lakukan seperti berkebun, baca buku, jogging, atau wisata lokal. walau terlihat sepele tapi memang bisa membuat kita refresh lagi ya

    ReplyDelete
  6. No 1,7,813,15,16 aku suka melakukannya hehe. Kalo memasak, aku biasanya weekend malah off XD kecuali mungkin masak makanan ringan nyoba resep baru hehe

    ReplyDelete
  7. Yap, healing bisa banget dilakukan dari rumah nih asalkan semuanya dilakukan dgn hati senang. Karena sekalinya kita senang dgn pekerjaan yg dilakukan akan bikin hati bahagia sekaligus healing jga yaa

    ReplyDelete
  8. cara healing setiap orang berbeda-beda ya, klo aku lebih sering ngdrakor atau traveling. Bahkan pernah hanya ingin tiduran saja seharian, tergantung mood juga sih.

    ReplyDelete
  9. akhir pekan biasanya saya isi dengan main sama anak sepuasnya, nonton dan kadang-kadang berkunjung ke rumah mama

    ReplyDelete
  10. healing sebenarnya nggak harus yang mahal-mahal atau jalan kemana-mana ya. di rumah aja sambil mengerjakan hal yang disukai atau mencoba hal yang baru juga sudah termasuk healing

    ReplyDelete
  11. memang ya menenangkan diiri gak perlu ribet kudu kesana kemari hehe.. kadang aku cuma pilih tidur rasanya sudah cukup untul healing wkwkwk

    ReplyDelete
  12. Saya jadi punya sederet referensi untuk healing sederhana nih. Apalagi kalo bisa dilakukan dari dalam rumah aja. Hehe

    Makasih referensinya yaa Mbak

    ReplyDelete
  13. Jalan-jalan pagi disekitar komplek perumahan dan berujung belanja di pasar pagi depan rumah, bagi saya itu sudah healing ala kami sih mbak.
    Terakhir bebersih rumah dan istirahat total, nahh mayan tuh buat ngusir penatnya hari senin-jumat kemarin.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel