Kamu Malas Masak? Ini 7 Menu Enak yang Gampang Masaknya

Tidak semua orang memang harus pandai masak. Tapi terkadang, ada situasi yang membuat kemampuan dasar memasak itu sangat membantu hidup kita. Setidaknya itulah yang saya rasakan. Saya merasa beruntung karena orang tua selalu meminta saya belajar memasak.

Mungkin karena saya anak perempuan sehingga ada semacam kewajiban yang terbentuk dari budaya masyarakat, kalau anak perempuan harus bisa masak. Kini, saya menyadari betul tentang tidak seharusnya ada keharusan bisa memasak untuk perempuan.

Menurut saya, kemampuan memasak merupakan kemampuan dasar yang sebaiknya dikuasai oleh laki-laki dan perempuan. Sebaiknya ya, bukan harus. Karena sebagai orang yang cukup percaya diri membuat makanan. Bisa memasak itu sangat menguntungkan.

Karena kita dapat membuat sendiri makanan yang sesuai dengan selera kita. Belum lagi kalau kondisi ekonomi lagi agak syulit diatur, memasak makanan sendiri benar-benar bisa membantu menekan biaya hidup. 

Sebagai orang yang cukup terbiasa masak, saya juga kerap mengalami rasa malas memasak. Apalagi saat pulang kerja sudah lelah, letih dan lesu. 

Berikut ini 7 menu enak yang gampang masaknya

1. Chicken Black Pepper

Menu ini sebenarnya baru saya sadari kalau ternyata enak dan mudah sekali membuatnya. Bahan-bahanya juga cukup sederhana, seperti dada ayam, paprika, bawang bombai, saus tiram lada hitam dan kecap manis. Bawang putih dicincang kasar. Paprika dan bawang bombai dipotong dadu dengan ukuran yang hampir sama. 

Chicken Black Pepper
Sumber gambar: Dokumentasi pribadi

Dada ayam potong kecil-kecil. Kalau saya sendiri suka yang dipotong tipis agar cepat matang. Ketika bahan-bahan sudah siap. Langkah selanjutnya tumis bawang putih sampai harum. Kemudian masukkan dada ayam yang sudah dipotong-potong. Tambahkan sedikit air. Masukkan paprika dan bawang bombai. 

Kemudian masukkan lada hitam yang sudah dihaluskan. Tambahkan penyedap dan gula putih. Setelah itu beri kecap manis sesuai selera. Koreksi rasa dan sajikan.

2. Telor Kecap

Telor kecap menu andalan sejuta umat! Cara buatnya sangat mudah rasanya juga enak. Dan yang pasti bahan-bahan yang digunakan sangat mudah di dapat. Terdiri dari telur, cabai, bawang putih, bawang merah, kecap manis, saus tiram, garam dan penyedap jika diperlukan.

Telor Kecap
Sumber gambar:Reseppedia

Cara membuatnya tinggal panaskan teplon atau wajan dengan sedikit minyak. Masukkan telur yang sudah dipecahkan dan tidak perlu dikocok. Setelah itu masukkan irisan cabai dan bawang-bawangan. Tambahkan sedikit air, kemudian masukkan kecap manis dan saus tiram. Jangan lupa untuk membubuhkan garam dan penyedap agar rasanya lebih mantap.

Setelah telur sudah matang, koreksi rasa dan sajikan. Telur kecap pun siap menemani kita menghabiskan nasi.

3. Terong Penyet 

Siapa di sini yang belum pernah makan terong penyet? Ah kalian terlalu polos apa gimana? Terong penyet tuh makanan yang enak banget dan bisa membantu kita menghabiskan nasi bahkan sampai satu magic com kalik.

Terong Penyet
Sumber gambar: Cookpad

Kalau aku sendiri buat terong penyet itu basic-nya malah dari sambal bawang. Jadi pastinya harus ada cabai baik rawit atau cabai merah, sesuai selera untuk cabainya ini. Kemudian bawang putih, bawang merah, garam, gula dan sedikit penyedap. 

Terongnya pasti digoreng, boleh menggunakan tepung atau tidak. Dua-duanya sama-sama enak. Duh nulis ini jadi lapar deh. Oh iya, bahan-bahan sambal bawang tadi digoreng dulu lalu dihaluskan dengan cobek. Kemudian setelah teksturnya sudah sesuai dengan yang kita mau, tinggal penyet-penyet terong goreng di atasnya. Hmmm Yummy!

4. Tempe Penyet

Tempe Penyet
Sumber gambar: Sweetrip Indonesia

Next... Tempe Penyet. Hampir sama dengan terong penyet untuk basicnya. Perbedaannya hanya ini menggunakan tempe. Sama-sama digoreng juga semuanya. Tapi untuk tempe penyet lebih enak tidak pakai tepung. Kayaknya memang aneh sih kalau tempenya pakai tepung.

5. Tempe Goreng Sambal Matah

Nah tempe goreng sambal matah ini sesuatu yang baru aku temukan saat scroll-scroll resep masakan mudah dan enak di instagram. Awalnya saya sendiri juga belum pernah mencoba membuat sambal matah. Tapi pernah makan ayam geprek sambal matah. 

Tempe Goreng Sambal Matah
Sumber gambar: Lifestyle Okezone

Waktu itu, setelah mencoba sambal matah saya punya kepercayaan diri untuk membuatnya. Kayaknya memang gampang. Tinggal iris-iris cabai, bawang merah, dan serai. Kemudian tinggal ditambah terasi, gula dan perasan jeruk nipis. Memang benar, setelah mencoba buat sendiri rasanya juga enak.

Ternyata dipadukan dengan  tempe goreng rasanya juga mantap. Wah beneran deh saya ikut ngiler waktu nulis ini.

6. Telur Dadar Sayur

Telur Dadar Sayur
Sumber gambar: Cookpad

Untuk menu satu ini sebenarnya tidak begitu sering saya buat dibanding menu-menu lainnya. Alasannya karena memang terkadang kita tidak punya stok sayur di kulkas. Tapi kadang kalau ada kol dan wortel saya suka buat telur dadar sayur ini. 

Caranya tinggal masukkan sayur yang sudah diiris ke dalam telur lalu kocok dan tambahkan garam serta lada. Tinggal didadar, telur sayur pun sudah bisa digunakan untuk lauk makan. Pakai nasi anget tentu nikmat.

7. Nasi Goreng Kampung

Saya tidak paham betul asal muasal nama nasi goreng kampung ini. Tapi yang jelas menurut saya, nasi goreng kampung adalah nasi goreng yang biasa saya buat tapi tidak pakai kecap. Warnanya hijau yang menandakan pakai cabai rawit. Sudah itu saja.

Nasi Goreng Kampung
Sumber gambar: Dokumentasi Pribadi

Karena tidak pakai kecap, saya biasanya menambahkan bawang merah lebih banyak agar dapat memberikan rasa manis pada nasi. Supaya rasanya tidak monoton pedas saja. Nasi goreng kampung ini juga cukup menjadi andalan saya. Apalagi suami adalah orang yang paling suka nasi goreng.

8. Tahu Sambal Kecap

Sebenarnya tahu sambal kecap tidak jauh berbeda dengan telur kecap. Hanya saja mungkin untuk tahu sambal kecap ini bisa ditambahkan jahe untuk menambah aromatik. Kemudian saya biasa menggunakan cabai rawit yang lebih banyak sehingga rasanya yang lebih pedas itu akan memicu semangat nambah nasi.

Tahu Sambal Kecap
Sumber gambar: Orami

Demikian rekomendasi menu enak yang gampang masaknya dari saya. Semoga bermanfaat untuk teman-teman yang membaca dan membantu kalian kalau kebingungan mau makan apa. Sementara kalau beli di luar pasti boros dan butuh waktu cukup lama.

0 Response to "Kamu Malas Masak? Ini 7 Menu Enak yang Gampang Masaknya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel