Njegigis Bareng Falah dan Ketika Bunga Berkata

Di semester lima ini kuliah jadi semakin semu menurutku. Semu gimana? Yaa gitu, agak nggak jelas, kayaknya bayar UKT tiap semester nih hanya untuk digunakan untuk hal yanh biasa-biasa aja. Sejujurnya aku sedikit bosan dengan ritual-ritual kuliah tiap semesternya. Tugas ya bikin makalah, presentasi, uts dan uas. Agak bosen.

Yang lebih membosankan lagi, ketika kualitas tugas-tugas kami kayaknya gitu-gituuu aja. Kurang greget. Haha. Mungkin karena kami males sebagai mahasiswa. Hari ini Kamis 14 September 2017 aku cuma ada satu MK dan ruangannya di gedung dosen lantai 3. Okee pagi-pagi sudah diawali dengan merangkak ke lantai 3. Mayanlaaahh, setara dengan keliling lapanagan satu kali.

Di mata kuliah ini temen sekelas dipandu dosen mau bikin buku antologi. Terus aku ditunjuk sama kedua temenku yang lain buat jadi koordinator naskah bukunya. Akhirnya 3 sks kita habiskan cuap-cuap naskah buku dan intermezo dengan fakta-fakta mahasiswa kekinian yang semakin ra mbejaji. Jauh dari kata produktif dan dekat sekali dengan kata malas.

Setelah selesai kuliah aku kecewa sama temen karibku yang bernama iffa. Karena kemarin kita udah janjian buat nggak pulang sampai jam kuliah terakhir, ehh nggak taunya dia malah mau periksa mata. Huuuhh sebal. Akhirnya aku memutuskan untuk ke perpus mulangin buku dan nongkrong di pintu gerbang wifian.

Tak selang beberapa lama, temen organisasi pers kampus dateng. Terus kita ngobrol-ngobrol gitu deh. Mulai dari obrolan ringan sampai yang berat tingkat dewa. Yaahh kita lagi ngobrolin masalah yang sedang melanda komunitas kita. Akhir-akhir ini kami sadar bahwa produktivitas kami semakin merosot. Banyak yang memicu hal tersebut, salah satunya kurang solid.

Aku mulai curhat deh sama bunga. "Jujur aku nggak betah banget di organsasi ini," kataku ke bunga. "La kenapa rin? Kamu harus bertahan lo" kata bunga.

"Aku lelah bung, di sini aku nggak pernah ngarep apa-apa tapi rasanya apresiasi aja nggak ada, ungkapan mereka MUKA DUA itu bikin hatiku sakit banget, gimana kita mau semangat, kalo cuma dicaci doang"

"Ya gak boleh gitu rin, mungkin mereka itu nggak rela kalo kamu sampe pergi makanya kayak gitu, ibaratnya mereka tuh sayang tapi nggak bisa nunjukin rasa sayangnya,"

"Ya tapi harusnya mereka ngerti dong gimana dampaknya kalo kayak gitu terus, kita nih nggak bisa lo cuma marah-marah doang, jujur aku kalo dikasarin tuh malah males yaa, udah down aja gitu"

"Ya mereka kayak gitu biar kamu tambah kuat, biar pas ngadepin narasumber yang galak kamu nggak kaget lagi, kalo kamu dilembutin terus, kamu kaget pas nanti udah menjabat nggak bisa mengendalikan adik-adiknya, kamu nggak bisa lo nuntut orang lain harus gini atau gitu, sebab setiap orang tuh punya karakter kepemimpinan masing-masing, kalo kamu punya rumah berantakan, yaa diberesin jangan malah pergi dari rumah itu,"

Kata-kata bunge ngebuat aku termenung dan terpaku, hualah menohok sekali. Memang sih baru-baru ini aku banyak mengenal komunitas-komunitas menulis yang ada di kampus. Ya itu aku rasa pangkal masalah kenapa aku nggak semangat di pers kampus. Setelah mendengar sabda dan petuahnya bunga kami pun berpisah karena bunga ada kelas kemudian aku memutuskan ke sekret.

Dengan muka dongok dan badan lemes akhirnya aku sampai di gedung ukm lantai 3. Ada rekan seangkatanku Falah, pimum, sama beberapa anak magang. Terlihat berselengkrah buletin kronika edisi 27 yang siap sirkulasi tapi masih harus konfirmasi ke perencanaan dulu. Naahh seperti biasa setiap aku ketemu Falah ni selalu aja njegigis (bahasa jawa artinya ketawa terus).

Falah bilang kalo aku harus jadi pemred kelak. Padahal aku nggak pengen jabat apa-apa, tulisan aku banyak aja udah seneng, nggak mau jabat apa-apa masih takut sama tanggung jawabnya.

"Tulisan kamu lo manteb banget rin, bahasanya udah ilmiah,"

"Yaelah tulisan muter" gitu geh fal,"

"Pokonya pemimpin yang sekarang nih harusnya njabat lagi aja lo, kita ni pada belum siap"

Mbak kristi yang lagi ngeprin denger kata-kata falah langsung berkomentar.

"Ya Allah cah cah opo ra mesakne aku lo, gak wisuda-wisuda ngko," jare mbak Kristina.

"Alah mbak kris ki arep cepet-cepet mergo enek seng nunggu lo, dan bar wisuda langsung SAH"

Hahahha pada ketawa semua deh. Habis itu falah mulai praktek ijab qobul yang gokil versi dia.

"Saya terima nikahnya Kristina bintiiii, dengan mas kawin artikel yang sudah dimuat dilampost, dengan tinta emas sebanyak 300 eksemplar dibayar tunai, gitu ya mbak"

Sontak seisi sekret langsung kemekelen mendengar celoteh falah yang sangat ngelantur dan sekarepe dewe.

Emang dasarnya kalo ketemu falah nih selaluu ada hal-hal aneh yang menimpa hahah. Karena tiba-tiba ada temen sekelas falah yang agak kurang nyamperin ke sekret. Si anak aneh ini nimbrung aja tiap ada orang ngomong. Sampe pas pimum ngomong sama aku dia nyahutin tapi gak nyambung.

"Baca ini rin, hebat kalo kamu bisa baca," pimum ngelempar kertas kosong ke aku yang lagi sibuk nulis cerpen ini.

"Ahaha pesan yang tersirat ini ya kak"

Terus tiba-tiba si anak aneh itu malah bilang PESANTREN KILAT. Terus dia bahas-bahas pesantren kilat. Nggak nyambung banget.

Lambat laun semua isi sekret mulai berkurang, mereka pada masuk kelas tinggal aku falah, windi, pimum, sama si anak aneh ini. Pimum memutuskan pergi makan dan sekarang falah udah sibuk otak atik photoshop (mungkin dia mau ngedit otaknya si anak aneh ini, di CGI sama falah hahaha) sementara windi ngerjain tugas dia, dan aku masih setia dengan telephon pintarku. Si anak aneh sekarang lagi geletakan nonton filem horor. Huuuu mentolo ngusir hehe tapi kasian 😐

0 Response to "Njegigis Bareng Falah dan Ketika Bunga Berkata"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel