Pitutur Mbok Que

Ya ampunnnn. . Emang gw selalu exited yaa kalo ngobrol sama mbok e tuh. Di dunia ini hal yang paling aku suka adalah bercerita, makanya aku sering ngerasa rindu sama mbok e dan mamak karena mereka adalah tempat peraduan cerita-cerita gw.
Di usia yang nggak muda lagi, 85 tahun gaes. Tapi mbok Que tetep ngerti zaman, dan yang paling aku seneng apa coba? Pituturnya itu lo yang selalu relevan sama sama kehidupanku. Mbok e tu the best motivator for me. Selalu nanyain progres kuliahku, nanyain tentang rencana-rencana masa depanku. Misalnya habis kuliah ini, aku mau lanjut kerja atau nikah.
Dan kayaknya mbok e tu sebenernya pengen aku cepet-cepet nikah. Nggak tau, aku ngerasa setiap saran-sarannya tu mengandung pesan bahwa "Ayooo sekarang udah berumur, buruan cari pandangan". Padahal aku nih 19 tahun belum ada, iyaa bentar lagi 19 tahun deng heheh.
Beliau selalu nasihati aku "Nggak usah mikirin rezeki nemen-nemen, yang penting dapet teman hidup sampai akhirat dan bertanggungjawab," dengan ungkapan kaya gitu aku bilanh bahwa aku punya cita-cita besar mbok "Aku pengen nguliahin adek, masih pengen S2, yaa pengen seneng-seneng lah, sebelum waktuku hanya disita habis oleh anak dan suami, yaaahhh meskipun kadang ngerasa milek (bahasa jawa, artinya kepingin) ketika ada temen yang nikah, lah di usia segini siapa lo yang nggak pengen nikah? Tapi mbok e masih aja ngarahin obrolan supaya aku nggak usah khawatir tentang itu semua, karena yang terpenting adalah teman hidup (katanya). Kalo menurutku mbok e pengen cepet-cepet gendong cucu dari aku palinh ya wkwkwk. Mbok e saraghaeyooo.
Beda sama mbok e yaaa, kalo mamak ku nih jarang banget bahas jodoh ke aku. Dulu juga aku pernah nanya, "mak sampean pengen cepet-cepet punya cucu nggak?" Jawabannya "enggak."
Hadeehhh, yaa emang mamakku nih pengen aku konsen ke masa depan gitu.
Habis itu aku juga cerita ke mbok e tentang kegundahanku karena nggak dapet beasiswa. Hiiiikksss itulah hal yang ngebuat gue uring-uringan beberapa hari ini. Tapi mbok e selalu nguatin aku. Intinya kata beliau itu bukan rezeki ku, pasti nanti ada yang lebih indah, Allah pasti memiliki kehendak yang lebih indah (kata mbok e) terus di akhir nasihatnya mbok e bilang "Wong barang wis mlayu kok mbok rembug" artinya sesuatu yang udah pergi kok masih kamu nego. Jadi intinya yang udah pergi yaudahlah ikhlasin aja (maksudnya beasiswa) kalo kamu masih berkutat dalam penyesalan itu, malah nanti pikiranmu nggak karuan. Seharusnya kamu lebih sama hal yang lebih penting (misalnya jodoh), bukan maksudnya yang lebih penting itu ngejar beasiswa yang lain. Heeeem gomabseumida haelmoni😍😍😍😍

0 Response to "Pitutur Mbok Que"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel