Tips Membaca dan Membeli Buku

 
Design by me, tapi pakai canva :D
Kecintaanku pada buku berawal dari cerita-cerita yang ku baca di buku pelajaran bahasa Indonesia. Maka tak heran jika membaca buku cerita akan lebih cepat dibanding buku nonfiksi. Setidaknya aku bersyukur, entah sedikit atau banyak pasti tetap ada pelajaran yang ku dapat dari aktivitas membaca. 


Saat masih SD dan SMP buku Bahasa Indonesia yang ku miliki pasti lebih lecek dibanding buku pelajaran yang lain. Karena aku lebih tertarik membukanya untuk mencari cerita-cerita untuk dibaca. Barangkali jika orangtuaku berkenan membelikanku buku atau majalah anak sudah pasti lebih banyak lagi buku yang ku baca. 


Tapi orang tuaku hanyalah buruh tani, yang tak pernah paham akan literasi. Bahkan tak jarang mereka menggerutu ketika tahu, aku membeli beberapa buku cerita. Bagi mereka, uang yang dipakai untuk membeli buku dapat digunakan untuk kebutuhan yang lebih penting. Tentu saja itu karena anggapan bahwa buku tidak dapat menunjang kelangsungan hidup, terutama di desa. 


Keinginanku yang begitu besar tak dapat dihalau begitu saja, meski sering kena marah kalau membeli buku, aku tetap melakukan itu. Bahkan sembunyi-sembunyi menyisihkan uang kalau perlu, tapi tidak mencuri ya. 


Suatu hari tentu aku akan membuktikan kepada orang tuaku dan kepada banyak orang bahwa aktivitas membeli dan membaca buku tidaklah merugikan. Meskipun kita harus paham dan tidak dibutakan ketika membeli atau membaca buku yang justru mengandung kemudharatan


Berikut ini ku sajikan tips membeli dan membaca buku. Kiranya dapat menjadi informasi tambahan bagi kita semua untuk terus mencintai buku dan literasi. 


Tips membeli buku: 

  • Jangan Hanya Tergoda Karena Harga yang Murah 


Seringkali kita seperti kemaruk ketika ada event promo buku atau bazar buku murah. Aku sendiri pernah mengalami hal itu. Buta mata membeli buku yang sebenarnya tidak terlalu penting dan akhirnya tidak selesai kita baca. 


  •  Pastikan Ada Nilai Manfaat dari Membeli Buku itu

Ketika memutuskan akan membeli buku, tentu kita harus mempertimbangkan benefit yang akan kita dapat ketika membeli buku itu. Baik itu yang bersifat pengetahuan maupun motivasi. 


  • Sempatkan Membaca Sinopsis dari Buku yang Akan kita Beli

Terkadang cover yang kita lihat seringkali menggoda kita untuk membeli sebuah buku. Padahal kualitas sebuah buku bukan terlihat dari covernya saja. Maka pastikan kita harus membaca sinopsis dibagian belakang terlebih dahulu. Jika dirasa menarik untuk dibaca, lanjutkan membeli. 


  • Bacalah Review Buku yang Akan Kita Beli.

Ketika kita dihadapkan pada kebimbangan dalam membeli buku. Sementara cover dan sinopsis belum meyakinkan diri kita untuk menjatuhkan pilihan pada buku itu, maka ada baiknya kita googling sebentar untuk membaca review buku yang akan kita beli. Supaya kita mengetahui penilain orang lain terhadap buku tersebut. Seperti contoh reviewku berikut ini


Selanjutnya adalah tips betah membaca buku. Aktivitas membaca buku memang menyenangkan, tapi terkadang banyak orang tidak betah karena kantuk yang tiba-tiba datang.

Maka saya menyajikan beberapa tips yang kiranya dapat dicoba sehingga rasa mengantuk dapat dihindarkan, monggo disimak:
  • Mulai Membaca Buku dengan Topik yang Paling Kita Suka
Dengan membaca hal-hal yang kita suka maka akan mengurangi rasa jenuh saat sedang membaca buku. Sehingga untuk merangkak pada topik lebih serius yang notabene kurang kita suka akan lebih soft dan tidak terasa memaksakan.

  • Awali Membaca Buku dengan Duduk yang Rileks
Ketika membaca buku sebaiknya kita memulai dengan posisi duduk bukan sambik tiduran. Karena dengan duduk kita tidak mudah terseranf kantuk. Berbeda ketika kita telentang atau tiduran, kantuk akan mudah mudah datang.

  • Ketika Merasa Bosan dengan Topik Bahasan di dalam Buku
Carilah Hiburan Lain. Terkadang suatu bagian di dalam buku membuat kita bosan dengan konflik atau jalan cerita yang sama. Pada saat itu kantuk sangat mudah menyerang. Maka solusinya adalah kita harus mencari hiburan supaya tidak ketiduran. Ketika dirasa diri sudah tidak mengantuk lagi, aktivitas membaca dapat dilakukan kembali.

Demikianlah tips yang dapat saya bagikan kepada kalian, semoga bermanfaat dan semakin menumbuhkan kecintaan kita dalam membaca buku.


0 Response to "Tips Membaca dan Membeli Buku"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel