Review Drakor Marry My Husband

Penasaran sekali sama drama ini karena yang main Lee Yi Kyung. Walaupun kali ini peran dia malah jadi antagonis bukan komedi. Tapi banyak netizen yang berpendapat sejahat apapun Le Yi Kyung di Marry My Husband. Tetap aja berasa kocak.

Yha gimana, semenjak main di Welcome to Waikiki. Image Lee Yi Kyung emang jadi kocak banget. Apalagi sempat viral sound gwenchana yang terinspirasi dari dialog dia. Tapi kali ini dia dapat peran yang beda banget.

Lee Yi Kyung memerankan laki-laki bernama Park Min Hwan. Seorang pegawai perusahaan makanan ternama korea. Pacarnya yang bernama Kang Ji Won diperankan oleh Park Min Young juga bekerja di perusahaan yang sama. Kang Ji Won punya posisi yang bagus di perusahaan karena dia digambarkan sebagai perempuan karir yang cukup sukses. 

Sahabat Kang Ji Won sejak SMP juga bekerja di perusahaan yang sama sebagai karyawan kontrak. Namanya Jeong Su Min. Kang Ji Won sangat dekat dengan Jeong Su Min. Karena mereka sudah bersahabat dalam waktu yang cukup lama.

Marry My Husband menceritakan perjalanan waktu Kang Ji Won yang bisa kembali ke masa lalu. Tepatnya 10 tahun ke belakang. Kang Ji Won didiagnosa sakit kanker perut. Ceritanya dia sudah menikah dengan pacarnya itu. Ternyata Park Min Hwan laki-laki yang abusif. 

Memang dari awal Park Min Hwan menikahi Kang Ji Won karena tahu karir Kang Ji Won Bagus. Dalam rumah tangga mereka digambarkan Kang Ji Won banyak tertekan dan menderita. Apalagi mertuanya juga agak konservatif bin toksik.

Ji Won dituntut sempurna sebagai istri sekaligus harus punya karir yang bagus agar tetap bisa mencukupi kebutuhan mereka. Isu beban ganda masuk dalam drakor ini. Boleh jadi di dunia nyata banyak Kang Ji Won lain. Perempuan dituntut sempurna dalam ranah domestik sekaligus publik.

Diceritakan pula, Kang Ji Won juga dapat perlakuan misoginis dari atasannya di kantor. Atasannya sering bilang kalau kerjaan Kang Ji Won sering nggak beres. Itu disebabkan karena Kang Ji Won perempuan jadi nggak cakap mengerjakan pekerjaan kantor. Padahal kenyataannya atasannya itu yang pemalas. Ini merupakan stigma negatif yang sering menimpa perempuan.

 “Orang tidak kompeten terfokus pada hal-hal kecil yang mereka tahu dan dibesar-besarkan.” – Kang Ji Won

Dialog ini diucapkan Kang Ji Won saat dirinya telah kembali dimasa lalu dan melihat betapa tidak cakapnya atasan yang memperlakukan dia secara misoginis. Di kehidupan sebelumnya Ji Won benar-benar merasa tidak berdaya saat atasannya bilang dirinya tidak profesional dan tidak layak. Padahal dia telah melakukan pekerjaan dengan baik dan maksimal.

Seringkali perempuan dianggap tidak cakap dalam pekerjaannya. Karena dianggap lebih mengedepankan perasaan atau logika. Padahal belum tentu seperti itu. Stigma negatif itu bahkan sering dialami oleh banyak perempuan.

“Kamu kehilangan objektivitas jika sudah terlalu lama dimanipulasi.” – Kang Ji Won

Kang Ji Won akhirnya menyadari bahwa dirinya dimasa lalu telah banyak dimanipulasi oleh Park Min Hwan. Oleh karena itu, ia jadi sulit menentukan apa yang sebenarnya baik untuk dirinya. Sampai dia tidak menyadari bahwa Park Min Hwan itu bukan pasangan yang tepat untuknya. 

Ini jadi potret perempuan yang gagal memahami nilai dirinya. Sehingga dia mudah dimanipulasi, dipengaruhi bahkan mendapat perlakuan abusif. Padahal dirinya sangat berharga demi apapun.

Satu hal yang paling menyakitkan adalah, semenjak Ji Won sakit suaminya berniat mengambil klaim asuransinya saat Ji Won meninggal. Lebih parahnya, ia juga berselingkuh dengan sahabat Ji Won yaitu Seong Ju Min. 

Isu perselingkuhan ini sepertinya jadi fokus dan daya tarik drakor Marry My Husband. Seperti yang kita tahu perselingkuhan jadi isu yang membuat banyak orang relate. Jadi potensi rating tinggi mungkin jadi incaran di sini.

Nah kembalinya Ji Won ke masa lalu ini akan digunakan untuk membalas dendam kepada Park Min Hwan. Ji Won merasa harus ada orang lain yang mengambil nasibnya. Terutama nasibnya menjadi istri Park Min Hwan. 

Disitulah pergolakan perasaan Ji Won terjadi. Ia harus segera merelakan pacarnya menjadi pacar sahabatnya. Proses balas dendam Ji Won dibantu oleh Yu Ji Hyuk yang merupakan manajer umum di perusahaannya. Diam-diam Yu Ji Hyuk sudah lama menaruh hati pada Kang Ji Won.

Kisah ini bagaikan bayangan ideal seseorang yang telah lama menerima ketidakadilan. Tapi secara nyata, rasanya manusia tidak akan mungkin punya kesempatan untuk kembali ke masa lalu. Kalau ternyata terjebak dalam relasi yang toksik seperti Ji Won. Satu-satunya yang bisa dilakukan adalah cepat-cepar keluar dari relasi itu. 

 “Mendapat kesempatan hidup kedua berarti bisa melakukan apa saja. Aku berhasil dan bisa melakukan apa pun.” – Kang Ji Won

Tapi apakah Kang Ji Won dapat berakhir bahagia setelah membalas dendam? Apakah semua sesuai rencananya? Apakah nasib buruk Kang Ji Won benar-benar pindah ke Jeong Su Min seperti rencananya? Sebaiknya kalian menonton sendiri supaya lebih dapat emosinya secara alami ya.

Walaupun Marry My Husband agak fantasi karena kembali ke masa lalu. Isu yang dibawa drakor ini cukup berbobot. Cocok untuk kalian yang belum menikah. Supaya lebih aware tentang pentingnya mengenali bahaya laki-laki manipulatif bin abusif seperti Park Min Hwan. 

Juga tentang pentingnya memahami nilai diri supaya kita tidak mudah terombang-ambing karena kata-kata orang lain yang sifatnya stigma negatif atau menjatuhkan kita. 

Demikian review singkat tentang Drakor Marry My Husband. Semoga membantu kalian yang penasaran tentang isu yang dibawa drakor ini. Dan semoga review ini jadi bahan refleksi yang bermanfaat untuk kita semua. 

Judul : Marry My Husband

Pemain : Park Min Young, Lee Yi Kyung, In Woo, dkk

Jumlah Episode : 16

Saluran : TvN

Tahun : 2024

16 Responses to "Review Drakor Marry My Husband"

  1. Saya juga sedang menyimak drama ini 😁, walaupun cuma nonton berdasarkan short video. Seru juga sih, tapi kadang gemez banget sama Sumin si narsistik. 😁😁😁.

    Tapi dari drama ini saya belajar bahwa setiap orang ternyata mentranformasi "luka" dengan cara yang berbeda. Ada yang menyembuhkan dan menyadari lukanya dan belajar bangkit. Ada juga yang memproyeksikan lukanya pada orang lain dan menghancurkan. Seru juga ya belajar karakter dari film. Hihihi...

    ReplyDelete
  2. Sebagai laki laki yang gak suka drakor, Marry My Husband itu justru Drakor ketiga yang udah saya tonton sepanjang 2 tahun terakhir. Sebab penentuan lanjut atau enggaknya nonton drakor itu di episode pertama dan banyak yang saya eliminasi. Uniknya itu gak berlaku buat Marry My Husband.

    K Drama ini juga saya review di Kompasiana dan memang ceritanya unik, sebuah melodrama yang dibuat bener bener fiktif (gak akan ditemuin alur mulus kalo di realitas)

    Dari sekian banyak karakter, saya justru suka Yoo Hee-Yeon yang diperankan oleh Choi Gyu Ri. Hmm bener-bener itu raut wajahnya kalo senyum gak akan pernah bisa dilupain. (Terlalu panjang kayanya komen saya)

    ReplyDelete
  3. Kalau bagi saya cerita drakor yang ini klise. Tapi saya belum nonton, mungkin eksekusinya bagus, episodenya juga 18, biasanya drakor kalau performanya biasa aja cuma sampai 8 ep, kalau penerimaan pentonton bagus bisa dipanjangin.

    ReplyDelete
  4. Sepertinya seru ya nonton drama Korea ini jika bisa dijadikan pelajaran utk lebih mengenal diri sendiri dan berhati-hati terhadap lawan jenis

    ReplyDelete
  5. Banyak yang ngomongin drakor ini. Jadi penasaran juga pengen nonton, apalagi yang main Park Min Young, salah satu aktris favorit!

    ReplyDelete
  6. Drakor selalu menarik sih ceritanya, klo sudah nonton episode 1 pasti pingin lanjut sampe akhir

    ReplyDelete
  7. Saya belum pernah nonton Welcome to Waikiki, tapi kenal Lee Yi Kyung karena dia cukup aktif di tiktok, bahkan saya ngira dia emang seleb tiktok yang suka bikin konten lucu sekaligus jadi pemeran sampingan di drakor. Eh ternyata emang aktor terkenal di drakor. Image kocak dia emang melekat, bahkan ada cuplikan drama marry my husband ini di TikTok, tapi fans ngedit bagian Lee Yi Kyung jadi lucu gitu, kirain peran dia memang peran lucu.

    ReplyDelete
  8. Aku juga suka Drama Korea, tapi belum pernah nonton Marry My Husband. Dimasukkan list tontonan dulu, next nonton ini. Btw bikin sedih gak sih ini nontonnya, kayaknya lumayan banyak konfliknya ya

    ReplyDelete
  9. Seandainya di reallife beneran ada yj kaya Ji woon buat time traveler dan rubah takdir dunia bakalan kacau ga sih?

    ReplyDelete
  10. Owww...ini yang kemaren diceritain teman kantorku yang pencinta drakor. Ada drakor yang bercerita tentang kembalinya dari masa lalu.

    ReplyDelete
  11. Ini DraKor 16 episode? Terus seperti apa mba'a atur waktu biar bisa menyelesaikan semuanya dengan tepat. Kadang kalo yang berjilid seperti ini kan pengennya langsung ditonton saat itu juga. Hahaha

    ReplyDelete
  12. Drama Marry My Husband (MMH) ini banyak yang suka
    Ratingnya tinggi
    Ceritanya kece
    Aku pun nonton

    ReplyDelete
  13. Relate banget dengan banyak kasus perempuan di dunia nyata. Memang nggak ada cara selain keluar dari hubungan yang toksik. Terlebih jika sudah merasa terombang ambing, tidak mengerti apa yang dimau karena efek manipulasi. Huhh mending ribet dan sakit di move on daripada sama sama, sakitnya seumur hidup

    ReplyDelete
  14. Drakor yang kerap dibahas ini.
    Baca ulasannya pada bagus, tapi daku belum sempat nontonnya sih, karena bahasannya perihal rumah tangga gitu yang kurang bikin daku tertarik hehe.

    ReplyDelete
  15. rame banget ini di tiktok cuplikannya sampai aku jadi tahu jalan ceritanya walau nggak nonton. he. tapi keren sih itu akting yang jadi su min benar-benar ngeselin

    ReplyDelete
  16. Jadi kebayang gimana alurnya film ini. Setelah akhir-akhir ini sering banget disebut-sebut sama teman-temanku hehehe. Penasaran juga apakah nasib Ji Won di masa depan berubah jika sejak awal tidak menikah dengan Min Hwan? Endingnya happy gak ya?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel