7 Kegiatan Pembelajaran Menyenangkan untuk ABK

Anak Berkebutuhan Khusus atau biasa kita kenal sebagai ABK ini banyak jenisnya. Mereka yang harus mendapat perhatian special ini, mempunyai karakteristik yang beragam dan unik. Sehingga diagnosanya pun beraneka ragam. Pada tulisan ini saya ingin bercerita sedikit tentang pengalaman menjadi shadow teacher atau pendamping ABK di sekolah.

Di sekolah tempat saya bekerja, setidaknya ada beberapa macam anak ABK, yaitu mental retardasi, dan autis. Singkatnya mental retardasi adalah mereka yang memiliki kecerdasan di bawah rata-rata. Nantinya mereka akan dimaksimalkan dalam pembelajaran life skill dan lebih kepada minat dan bakat masing-masing anak.

Sementara autis, sebenarnya ada beberapa jenis, tapi secara umum mereka biasanya speech delay atau terlambat bicara. Secara umum anak-anak ini seperti memiliki dunia sendiri, sehingga ia memiliki kesulitan untuk sosialisasi dan memfokuskan diri. Maka perlu adanya shadow teacher untuk mendampingi dan membantu mereka di sekolah.

Namun, di sini saya tidak ingin membahas lebih jauh mengenai karakteristik, sebab bukan kapasitas saya. Saya hanya ingin berbagi tentang gaya belajar yang selama ini kami gunakan. Semoga beberapa jenis gaya belajar ini dapat menjadi inspirasi untuk orangtua dan juga guru di luar sana.

Pada praktik pembelajaran, banyak hal yang kami pahami tentang gaya belajar masing-masing anak. Pada umumnya mereka akan cepat bosan dengan cara belajar klasik seperti anak biasa. Karena mereka sulit fokus, sehingga harus ada formula untuk memberi kesan menyenangkan dalam belajar.

Berikut adalah 7 Kegiatan Pembelajaran Menyenangkan untuk ABK

1.       1. Memindahkan Biji dengan Pinset

Kegiatan ini merupakan latihan motorik halus dan fokus. Gerakan yang melibatkan otot pada jari akan membantu anak-anak melenturkan jarinya sehingga ketika menulis akan lentur dan tidak terlalu ditekan. Kebanyakan ABK memang menekan pensilnya saat belajar menulis. Sehingga mereka butuh latihan motorik halus yang banyak.

Terbukti juga untuk melatih fokus anak, sebab mereka sering tidak fokus ketika belajar. Apalagi jika melihat benda yang bergerak di sekitarnya. Dengan kegiatan ini pula, mereka bisa sekaligus belajar berhitung.

2.      2.  Mencoblos Pola

Sama seperti memindahkan biji dengan pinset, mencoblos pola juga merupakan kegiatan untuk melatih motorik halus. Gerakan menekan jarum atau alat yang digunakan sebagai alas ini dapat melatih kelenturan jari. Kita dapat membuat media ini secara mandiri menggunakan bahan sederhana, seperti kardus, bekas sendal jepit, dan jarum yang tidak terlalu tajam.

3.      3.  Merajut Tali

Merajut Tali sebenarnya melatih fokus juga, tetapi ini juga akan mendekati life skill. Setelah mereka terampil merajut nanti bisa belajar memasang tali sepatunya sendiri. Meskipun perlu latihan yang berulang-ulang. Tapi paling tidak, hal ini juga dapat dijadikan kegiatan belajar yang menyenangkan untuk ABK daripada harus dipaksa belajar membaca atau matematika.

4.      4.  Meronce

Meronce ini pun melatih fokus, tetapi ia lebih ke kreasi. Jadi kegiatan ini dapat disisipkan pada mata pelajaran seni. Sekaligus menggali bakat anak, apakah ia menyukai seni atau tidak.

5.       5. Berlari Zigzag


Berlari zigzag merupakan kegiatan untuk melatih motorik kasar anak. Mereka juga diminta fokus dan konsisten berlari zigzag. Jika kesulitan langsung berlari, bisa berlatih dahulu dengan berjalan zigzag.

6.      6.  Belajar Kosa Kata dengan Flash Card

Kegiatan ini merupakan kegiatan utama untuk anak ABK, jadi semua hal yang ada di dunia ini memang lebih mudah kita kenalkan kepada ABK menggunakan kartu-kartu. Sehingga mereka tahu kendaraan, buah-buahan, sayuran, dan lain sebagainya melalui gambar.

Pada prosesnya, kita mengenalkan satu jenis gambar, misalnya itu jeruk. Nanti anak diminta menyebutkan gambar tersebut secara berulang-ulang. Lalu di distrak dengan menunjukkan kepada anak beberapa kartu dengan gambar yang berbeda-beda. Kemudian si anak, diminta menunjukkan gambar jeruk.

7.       7. Berjalan dengan Buku di Atas Kepala


Berjalan dengan Buku di Atas Kepala ini bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan apalagi jika dilakukan bersama teman-teman. Bdapat dijadikan semacam pertandingan dengan konsep reward, sehingga dapat melatih jiwa kompetitif anak. Biasanya anak yang kompetitif akan semakin semangat dalam belajar.

Nah itulah 7 Kegiatan Pembelajaran Menyenangkan untuk ABK. Semoga tulisan ini dapat menjadi inspirasi dan referensi bagi teman-teman yang bingung mencari kegiatan apa yang cocok untuk ABK. Untuk tips selanjutnya, silakan pantengin blog ini, untuk menyimak tips-tips tentang anak berkebutuhan khusus atau ABK

See you....

0 Response to "7 Kegiatan Pembelajaran Menyenangkan untuk ABK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel