Review Drama Korea Celebrity, Menyingkap Sisi Gelap Dunia Selebgram

Setelah menamatkan The Good Bad Mother, saya mulai mencari pandangan drama korea baru yang asyik untuk ditonton. Setelah mendengarkan rekomendasi teman. Saya pun mencoba menonton Celebrity. Sebelum menonton saya sudah menebak kalau drama ini isinya tentang sisi gelap selebritis di Korea Selatan. Nah, ternyata benar dong.

Review Drama Korea Celebrity

Namun, Celebrity fokus menceritakan kehidupan influencer atau selebgram Korea. Sama seperti di Indonesia, barangkali di Korea juga mulai bertebaran influencer sejak menjamurnya sosial media seperti instagram. Entah kenapa, saya merasa selebritis atau artis yang kita kenal dulu dari televisi, itu berbeda jenisnya dari mereka yang terkenal lewat sosial media. 

Meskipun, ada juga yang dulunya artis dikenal lewat televisi kemudian juga merambah jadi influencer. Di Indonesia sendiri, jumlah influencer sangat banyak sekali mulai dari yang nano, micro, macro sampai yang ketenarannya setara dengan artis. 

Saya bahkan terkadang sudah tidak mengenal lagi, ketika tiba-tiba ada berita viral tentang seseorang yang katanya terkenal, kemudian dapat skandal dan seterusnya. Ah, mungkin saya bukan orang yang begitu mengikuti selebgram-selebgram seperti itu.

Drama celebrity ini seperti menampilkan realitas dunia selebgram yang gelap dan cukup menyeramkan. Ketika saya menontonnya, saya selalu kepikiran, "Wah, bisa jadi kehidupan para selebgram itu seperti ini ya." Pikiran-pikiran itu tidak berhenti bahkan sampai pada kesimpulan, "Masuk akal juga kalau begitu."

So A ri, merupakan tokoh utama drama Celebrity yang hidupnya menjadi fokus cerita dalam drama ini. Semula ia menganggap dunia selebgram bukanlah dunia yang ia inginkan, tapi begitu ia tercebur di dalamnya, ia benar-benar menemukan banyak hal tak terduga.

Kabar baiknya, So A ri di sini justru memberikan karakter yang mewakili uneg-uneg orang tentang selebgram. Sebagai orang yang tidak punya banyak keinginan untuk mengetahui kehidupan selebgram, apa yang diungkapkan oleh So A ri rasanya benar-benar mewakili perasaan saya.

Misalnya, kenapa orang-orang dengan rela menghabiskan waktu mencari tahu, memberikan komentar, dan terus mengikuti kehidupan selebgram sampai sebegitunya. Apalagi ketika mereka berbondong-bondong belanja produk yang direkomendasikan oleh selebgram. Saya punya sih beberapa idola, saya mengidolakan mereka karena lagunya bagus, aktingnya bagus, suaranya bagus, atau mereka punya ilmu yang membuat saya kagum.

Tapi ada, selebgram yang rasanya tidak punya kemampuan entertainment yang mumpuni, tetap punya fans dan followers. Saya bingung juga ngapain juga follow seseorang yang nggak berdampak untuk hidup kita. Malh ujung-ujungnya buat kita makin impulsif karena terpengaruh gaya hidup mereka.

Melihat hal semacam itu kadang membuat saya merasa hidup mereka terlalu mudah dipengaruhi oleh orang lain yang sejatinya tidak membawa dampak besar, kecuali kebiasaan boros dan kebiasaan selalu ingin beli barang-barang baru.

Sebagai seorang influencer atau selebgram, So A ri tidak segan-segan mengungkap kebenaran maupun berkomentar sesuai dengan pendapatnya pribadi. Sementara selebgram mainstream, cenderung menjaga citra dan terlihat hati-hati yang ujung-ujungnya hanya kepalsuan yang mereka tampilkan.

Drama ini juga menyadarkan kita tentang banyaknya flexing yang dilakukan oleh para influencer. Misalnya pamer harta, barang-barang branded, makanan mahal, mobil, rumah mewah dan seterusnya. Padahal bisa jadi, aslinya mereka tidak memiliki itu semua. 

Kehidupan So A ri yang dingin mempertemukannya dengan seorang CEO perusahaan kosmetik, Han Joon Kyung. Nah, inilah membuat saya bertambah semangat cepat-cepat menyelesaikan drama ini. Han Joon Kyung diperankan oleh Kang Min Hyuk, drummer grup band asal korea, CNBLUE.

Wah saya langsung ingat drama korea The Heirs, yang menjadi drama korea pertama yang saya tonton dan membuat jatuh cinta dengan drama korea. Kala itu, Kang Min Hyuk berperan sebagai Yoon Chan Young, sahabatnya Cha Eun Sang yang merupakan tokoh utama perempuan di The Heirs.

Betapa peran yang ia mainkan di The Heirs membuat Kang Min Hyuk sangat imut, karena dia siswa paling pintar dan mendapat beasiswa di SMA Jaeguk. Ditambah ia pacaran dengan Lee Bo Na, yang sangat-sangat manja.

Namun, kali ini Kang Min Hyuk mendapat peran sebagai CEO, sungguh berbeda dengan 10 tahun lalu. Karakternya super cool, dengan selalu mengenakan setelan jas. Ia menampilkan karakter gagah, teliti, dan penuh perencanaan. Misalnya saat ia akan menggugat Jin Tae Jin untuk membela skandal So A ri.

Drama celebrity menurut saya cukup unpredictable. Alur maju mundur yang digunakan juga cukup memberikan sensasi menonton yang lebih seru dan fokus. Tapi saya agak kesal dengan karakter @bbbfamous yang sangat misterius itu. Awalnya digambarkan dengan suara laki-laki, sehingga saya selalu menebak kalau itu Han Joon Kyung. Ah saya terjebak.

Saya paling suka dengan kalimat,

"Selebritas bukan figur publik, mereka tak mengerjakan kepentingan publik."--Episode 8

Wah kalimat ini benar-benar mewakili perasaan banyak orang sepertinya. Kadang agak malas juga kalau ada artis yang gayanya selangit. Minta dispesialkan. Padahal kalau dipikir-pikir apasih perannya dia untuk kepentingan publik?

Pada akhirnya, drama celebrity tidak bermaksud mencegah seseorang jadi influencer atau selebgram. Kalau yang saya tangkap, drama ini berpesan bahwa tidak ada yang salah dengan menjadi terkenal. Itu bahkan bisa membawa kebaikan. Tapi kalau kebaikan yang kamu bawa hanya kepalsuan, tinggal tunggu saja sampai kehancuran itu datang.

Kalau jadi terkenal karena kita membagikan kebaikan, ya apa salahnya? Kalaupun ada yang menghujat ya biarkan saja. Toh kita tidak merugikan orang lain bukan?

Kadang kelakukan orang kaya itu menyebalkan. Hal itu juga terlihat dari kebiasaan keluarga Jin Tae Jin dan Jin Chae Hee. Selalu marah kalau ada yang lebih dari mereka. Mereka menciptakan level-level mereka sendiri yang pada akhirnya mencelakakan mereka sendiri.

"Balas dendam adalah hidangan yang paling enak saat disajikan dingin."--Episode 11

Well, sebenarnya So A ri tidak pernah benar-benar balas dendam bukan? Karena kenyataannya selalu ada orang yang tidak suka karena kamu terus bertambah sukses. Sehingga menyebabkan mereka berhasrat untuk melakukan kejahatan lagi dan lagi. Ah sungguh rendah mereka yang seperti itu. Mungkin yang dilakukan So A ri hanyalah menyelamatkan diri dan orang-orang sekitarnya.

Selain bercerita tentang sisi gelap dunia selebgram, celebrity sebetulnya juga membawa isu Fear of Missing Out (FOMO) dan pengaruh keadaan psikologis seseorang terhadap daya beli suatu barang. Saya pernah menyaksikan Film Dokumenter The True Cost, tentang bagaimana bisnis fashion menjadi sangat sukses dan kebanjiran pesanan. 

Tapi kalau di celebrity, hal itu diperlihatkan kaitannya dengan pengaruh selebgram sehingga para followers mengalami FOMO, lalu dengan cepat mereka impulsif dan membeli produk-produk yang direkomendasikan oleh selebgram.

Demikian review drama korea Celebrity dari saya, drama ini cukup recommended untuk kalian tonton karena banyak hal dapat kita refleksikan setelah menonton drama ini.  Selain itu pemainnya juga sangat visual aliyas ganteng-ganteng dan cantik-cantik. Tapi sayangnya, drama ini nggak banyak bagian lucunya. Bahkan sepertinya tidak ada. Ya emang bukan genre comedy sih hahahah.

Judul Drama : Celebrity

Pemain: Park Gyu-young, Kang Min-hyuk, Lee Chung-ah, Lee Dong-gun dan Jun Hyo-seong

Jumlah Episode: 12

Jaringan: Netflix

Episode Pertama: 30 Juni 2023

Pereview: Ririn Erviana

3 Responses to "Review Drama Korea Celebrity, Menyingkap Sisi Gelap Dunia Selebgram"

  1. Wah, drakor yang cukup serius ya? Jadi ingat dengan gimana impulsif-nya seseorang untuk ngikutin gaya idol-nya. Mereka sampai rela nabung demi sang idol. Duh.. Tapi, sisi positif-nya sih, drakor ini buka peluang bisnis bagi pengusaha yang jeli. Dari kuliner hingga fashion ala Korea. So, banyak orang punya penghasilan tambahan, karena drakor..

    ReplyDelete
  2. Suka deh dengan jalan ceritanya selebgram yang mau naik daun mencari cara biar terkenal dan banyak followers keren drakor ini

    ReplyDelete
  3. Jadi tertarik pengen nonton. Dan iya sih sekarang seleb internet itu jadi banyak banget. Selain selebgram, ada youtuberlah, tiktoker, belum lagi di twitter. Masalahnya ya memang nggak semuanya layak diikuti dan dicontoh. Tapi seperti ada sesuatu yang bergeser, asal dinilai kreatif dan unik, mau orangnya sered flag apapun ya masih ada aja yang follow. Kadang ada yang follow buat ngejek, tapi ya nggak jarang ada yang memuja/membela.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel